permainan terbaik Leonardo DiCaprio
Listicle

7 Permainan Terbaik Leonardo DiCaprio

Siapa yang tak kenal Leonardo DiCaprio? Semua orang pasti tahu tentang aktor yang satu ini. Aktor kelahiran Los Angeles 1974 ini sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood sejak tahun 1989. Sampai sekarang Leo bisa dibilang menjadi salah satu aktor yang paling populer sejagat raya. Salah satu film yang mungkin sangat kamu ingat adalah ketika ia memainkan tokoh Jack di film Titanic. Yups! Film yang selama bertahun-tahun menduduki posisi sebagai film terlari di dunia itu adalah yang menjadi tonggak dikenalnya Leonardo DiCaprio oleh semua orang. Tapi kalau kita bicara dari sudut pandang keaktoran, apa saja film yang menjadi permainan terbaik Leonardo DiCaprio? Apakah Titanic masuk menjadi salah satu permainan terbaik Leonardo DiCaprio? Berikut daftar lengkapnya;

1.     Danny Archer – Blood Diamond (2006)

Permainan terbaik Leonardo DiCaprio yang pertama adalah film Blood Diamond. Dalam film ini ia bermain menjadi Danny Archer, seorang pedagang barang selundupan yang sedang berada di salah satu wilayah konflik di Afrika. Kita nggak akan bicara soal film dan ceritanya sekarang. Kita akan bicara soal akting Leo di film ini. Kenapa Blood Diamond bisa masuk? Pertama adalah karena di film ini si Leo emang punya capaian keaktoran yang lumayan lengkap. Mulai dari soal fisiologis tokohnya. Nah, soal ini, yang paling keliatan adalah bahasa tubuh dan aksen yang dipakai Leo. Bukan cuma itu, soal permainan emosi dan psikologi tokoh juga Leo benar-benar menciptakan sesuatu yang lain yang bukan dirinya. Jadi nggak heran kalau dalam film ini Leo berhasil dapet nominasi Oscarnya yang ketiga.

 

2.     J. Edgar Hoover – J. Edgar (2011)

Mungkin sebagian dari kalian agak awam denger judul film ini. Memang, akuaktor aja juga agak kaget ketika mencari data dan menemukan film ini. J. Edgar bisa dibilang salah satu berlian yang tersembunyi dari permainan terbaik Leonardo DiCaprio sepanjang karirnya. Kenapa? Coba lihat deh di video itu. Dalam video itu dengan bantuan prosthetic, Leo berhasil membentuk J. Edgar yang merupakan seorang pimpinan FBI. Bukan hanya membentuk fisik J. Edgar ketika tua saja lho, tapi juga fisik J. Edgar ketika ia masih muda. Terus kalau kalian perhatikan baik-baik, Leo berhasil menunjukkan pertumbuhan dari tokoh tersebut. Jadi, meskipun di film ini dia nggak berhasil masuk Oscar atau penghargaan terkenal dan bergengsi lainnya, paling tidak dalam sudut pandang keaktoran Leo benar-benar menciptakan dan di film ini ciptaannya cukup lengkap dan utuh.

 

3.     Calvin Candie – Django Unchained (2012)

Alasan utama kenapa Django Unchained ini masuk ke dalam daftar 7 permainan terbaik Leonardo DiCaprio adalah karena dalam film ini ada salah satu adegan menarik. Adegan itu bisa kamu lihat di video yang ada di atas. Dalam adegan tersebut Calvin Candie, tokoh yang dimainkan Leo terlihat marah dan spontan memukul gelas yang ada di meja hingga pecah. Beberapa detik kemudian darah keluar dari tangannya. FYI, darah itu adalah darah asli, dan ketika Leo sadar kalau berdarah, ia tak menghentikan permainannya, tapi tetap melanjutkannya. Leo malah menggunakan darah itu sebagai salah satu senjatanya untuk memperkuat aktingnya pada adegan tersebut. Cuma bisa bilang TOTAL!!!

 

4.     Teddy Daniels – Shutter Island (2010)

Sudah pernah lihat film Leo yang satu ini? Shutter Island juga jadi salah satu film terbaik sepanjang karir Leo dan jadi permainan terbaik Leo. Kenapa bisa begitu? Alasan utama yang mendasari akuaktor memilih Shutter Island adalah karena tokoh dalam film ini sangat kompleks. Tokoh di film ini punya bayangan dan imajinasi yang seolah nyata. Ternyata semua itu hanya imajinasi dan terungkap bahwa Teddy Daniels adalah salah satu pasien di pulau tersebut. Cara Leo memainkan tokoh Teddy sangat bagus. Untuk film ini kita akan mengenyampingkan soal kecenderungan akting Leo. Jika hal itu dikesampingkan, apa yang dilakukan Leo patut diacungi jempol.

 

5.     Arnie Grape – What’s Eating Gilbert Grape (1993)

Ini nih, film yang nggak banyak orang tahu tapi jadi salah satu permainan terbaik Leonardo DiCaprio sepanjang karirnya. Dalam film ini ia menjadi seorang anak yang berkebutuhan khusus. FYI, saat itu usia Leo masih 19 tahun dan karena permainannya yang luar biasa bagus itu, ia berhasil mendapatkan nominasi Oscar yang pertama dalam karirnya. Jika dilihat dari sudut pandang dunia akting, apa yang dilakukan Leo memang luarbiasa menarik. Pertama, di usianya yang masih cukup muda ia bisa mencapai kualitas keaktoran yang luar biasa. Kedua, ciptaan Leo dalam film itu lengkap dan konsisten. Tidak banyak aktor yang bisa melakukan hal tersebut. Selain nominasi Oscar, banyak pihak yang terkejut ketika datang ke premier dan melihat Leo dalam kondisi tidak seperti tokohnya. Mereka semua berdecak kagum!

6.     Jordan Belfort – The Wolf of Wall Street (2013)

Kalau kaliandi tanya, film Leonardo DiCaprio yang kalian ingat selain Titanic apa? Mungkin sebagian dari kalian akan menjawab The Wold of Wall Street. Yups! Film ini memang salah satu film yang paling populer sepanjang karir Leo. Tapi apakah populer bisa menjadikan film ini permainan terbaik Leonardo DiCaprio? Enak aja! Enggak donk! Akuaktor benci film populer! Akuaktor suka film berkualitas! Nah, dalam film ini apa yang dilakukan Leo terhadap tokohnya si Jordan Belfort sangat bagus. Lagi-lagi, kita kesampingkan kecenderungan-kecenderungan akting Leo ya! Kenapa begitu? Selama kita bisa mengenali Leo sekelibat, maka kemungkinan besar ia masih menggunakan kecenderungan permainannya. Sederhananya begitu. Tapi diluar itu, ia berhasil tampil sangat menyatu dengan tokohnya. Terlebih lagi ketika tahu kenyataan bahwa dalam film ini ada banyak sekali adegan improvisasi. So, Improvisasi itu nggak gampang coy! Jadi kalau ada aktor yang bisa improv dengan sangat baik, itu artinya modal dasar keaktorannya udah beres! Nice one Leo!

 

7.     Hugh Glass – The Revenant (2015)

Kebangeten banget sih kalau ada yang nggak tahu tentang film ini. The Revenant adalah satu-satunya film yang berhasil mengantarkan Leo mendapatkan Oscar pertamanya setelah 6 kali masuk nominasi. Dalam film ini Leo memang tampil total banget! Dalam film ini untuk kali pertama akuaktor bisa sepenuhnya tidak melihat Leo seperti ketika kami menonton film What’s Eating Gilbert Grape. Dalam film ini Leo memakai lebih dari 2 bahasa dan menguasainya dengan baik. Selain itu, dalam proses pencarian tokohnya, Leo tidur di dalam kulit binatang dan rela menghadapi suhu yang sangat dingin selama proses shooting. Jadi dengan usaha yang sebesar itu, pantas rasanya Leo menjadi peraih Oscar tahun 2016 lalu. Selamat bang Leo!

Itu tadi 7 permainan terbaik Leonardo DiCaprio. Menurut kalian, mana yang terbaik? Atau kalian punya daftar sendiri yang menurut kalian lebih oke? Nggak usah ragu, langsung tinggalin di kolom komentar. Akuaktor cuma manusia biasa, jadi kalau salah ya sah-sah aje kan? Jangan lupa share yak! Hatur nuhun!

Oh iya, kenapa Titanic nggak masuk? kali aja ada yang nanya begitu. Kalau di daftar ini ada 10 nomor, Titanic ada di nomor 9.

Let People Know!