permainan terbaik Dustin Hoffman
Listicle

7 Permainan Terbaik Dustin Hoffman Sepanjang Karirnya

Dustin Hoffman atau yang bernama lengkap Dustin Lee Hoffman ini adalah seorang aktor senior Amerika yang lahir pada tanggal 8 Agustus 1937. Ia merupakan salah satu aktor yang paling sukses dalam sejarah perfilman Hollywood. Bukan hanya karena banyaknya film yang ia bintangi, tapi juga karena pada tiap film yang ia mainkan Hoffman selalu mempersembahkan permainan terbaik. Aktor yang 2 kali mendapatkan Oscar untuk pemeran utama pria terbaik ini sudah berkarir di perfilman Hollywood sejak tahun 1960. Nah, akuaktor sangat penasaran untuk melihat track record permainan Dustin Hoffman. Kami pun memutuskan untuk mengumpulkan permainan terbaik Dustin Hoffman sepanjang karirnya. Dari sekian banyak film yang ia mainkan, tim Akuaktor berhasil mengumpulkan 7 permainan terbaik Dustin Hoffman sepanjang karirnya. Apa saja itu? Berikut daftarnya;

1.     Raymond Babbit – Rain Man (1988)

Permainan terbaik Dustin Hoffman yang pertama adalah ketika ia bermain sebagai Raymond Babbit dalam film Rain Man. Di dalam film ini Hoffman berhasil mendapatkan Oscar keduanya. Ia bermain sebagai seorang lelaki yang autis. Dalam film ini ciptaan Hoffman bisa dibilang sangat lengkap. Ia tak hanya menciptakan autismenya saja, tapi juga cara berpikir, cara tokoh itu merasakan, dan lain sebagainya. Salah satu alasan yang paling kuat untuk menempatkan Rain Man pada urutan pertama adalah karena dalam film ini konon kabarnya tokoh Raymond Babbit sebenarnya bukan tokoh autis, tapi cacat mental. Ia bersikeras untuk merubah tokohnya menjadi autis yang mana menyebabkan sutradara pertama dari film ini mengundurkan diri. Tapi apa yang dilakukan oleh Dustin Hoffman sepertinya satu keputusan yang baik untuk dirinya sebagai aktor dan untuk film tersebut. Berani sekaligus nakal ya!

 

2.     Ted Kramer – Kramer vs. Kramer (1979)

Sebenarnya dalam film ini yang paling mencuri perhatian kala itu adalah permainan Meryl Streep. Tapi Dustin Hoffman tetap berhasil muncul sebagai salah satu tokoh yang mengimbangi permainan luar biasa dari Meryl Streep. Yak! Itu yang paling tidak jadi alasan kenapa akuaktor memasukkan Kramer vs Kramer di urutan kedua. Karena dalam film ini Dustin Hoffman yang seolah merupakan tokoh yang tidak punya kompleksitas yang dalam, tidak memiliki penyakit jiwa atau sejenisnya. Atau penyakit kepribadian dan sejenisnya, tetap bisa muncul sebagai manusia yang utuh. Laku yang ditunjukkan oleh Hoffman berhasil menghidupkan tokohnya dan juga memperkuat permainan Meryl Streep. Keduanya bahkan menjadi salah satu permainan ansamble terbaik sepanjang sejarah Hollywood.

 

3.     Carl Bernstein – All the President’s Men (1976)

Dalam film biopic yang satu ini Dustin berperan sebagai seorang wartawan The Washington Post bernama Carl Bernstein. Dustin berhasil bermain dengan luruh dalam film ini. Ia sukses menunjukkan kecerdasan, daya pikir yang tinggi dan kritisnya Carl Bernstein. Selain itu, alasan yang membuat film ini masuk di urutan ketiga adalah karena proses pencarian tokohnya. Dalam film ini Dustin Hoffman dan lawan mainnya nongkrong di The Washington Post selama beberapa minggu untuk melihat dan memperhatikan bagaimana cara kerja wartawan dan berusaha menjadi bagian dari kehidupan itu. Observasi tokoh yang patut diacungi jempol. Meskipun dalam film ini ia tak berhasil mendapatkan nominasi Oscar, tapi proses pencariannya harus diapresiasi.

 

4.     Dorothy Michaels – Tootsie (1982)

Kalau untuk film yang satu ini, alasan terbesar kenapa terpilih masuk ke dalam satu satu dari 7 permainan terbaik Dustin Hoffman adalah karena ia berhasil memainkan 2 tokoh sekaligus! Pertama adalah tokoh lelaki dan kedua adalah Dorothy Michaels. Coba lihat dalam video yang ada di atas. Bagiamana meyakinkannya Hoffman menciptakan Dorothy. Ia terlihat seperti perempuan, bukan banci atau sejenisnya. Lalu perhatikan lagi ketika ia pelan-pelan menaikkan emosinya dan melepaskan wig dan make upnya. Terlihat bagaimana dengan perlahan Hoffman menunjukkan transisi perpindahan tokohnya dari Dorothy Michaels ke Michael Dorsey.

 

5.     Thomas Babington “Babe” Levy – Marathon Man (1976)

Kalau ditanya apa yang paling kelihatan menarik dari semua akting Dustin Hoffman, maka jawabannya adalah pergantian suara pada tiap tokoh yang ia mainkan. Tim akuaktor berhasil melihat hal tersebut setelah kami menonton film Marathon Man. Dalam film ini Hoffman memang bermain sangat bagus baik secara fisik tokohnya atau pun permainan emosi. Tapi bagi tim akuaktor, salah satu yang paling mencuri perhatian adalah bagaimana Dustin Hoffman berhasil menciptakan suara yang berbeda pada tiap permainannya. Dan yang paling penting, suara itu tidak artifisial. Suaranya ikut hidup selaras tokoh.

 

6.     Ratso Rizzo – Midnight Cowboy (1969)

Sama seperti Marathon Man, dalam film ini pun tim akuaktor sepakat bahwa yang menarik dari permainan Dustin adalah ciptaan suaranya. Selain itu kami juga melihat ada semacam cara jalan yang berbeda dan ikonik dari tokoh ini. Coba kamu perhatikan dalam video yang tertera di atas. Dari video tersebut kamu bisa melihat bagaimana cara berjalan yang diciptakan Dustin Hoffman begitu menyatu dan hidup bersama dengan tokohnya. Bukan hanya itu, warna suaranya pun hidup dan muncul selaras dengan cara berjalan si tokoh.

 

7.     Benjamin Braddock – The Graduate (1967)

Last but not least, adalah film The Graduate. Dalam film ini Dustin Hoffman berperan sebagai Benjamin Braddock, seorang anak muda berusia 21 tahun yang baru saja lulus. Sekedar mengingatkan, dalam film ini usia Dustin Hoffman sudah menyentuh 30 tahun. Tapi ia tetap terlihat mudah. Baik, bukan itu yang jadi alasan kenapa film ini masuk dalam daftar 7 permainan terbaik Dustin Hoffman. Alasan yang paling jelas adalah film ini merupakan film pertama yang mengantarkan Hoffman meraih nominasi Oscar pertamanya. Dalam film ini juga, soal suara, Dustin benar-benar harus diacungi jempol soal eksplorasi penciptaan suaranya. Sejauh yang tim akuaktor tahu, Dustin adalah master dalam mengubah suara.

Itu tadi 7 permainan terbaik Dustin Hoffman sepanjang karirnya. Menurut kalian, mana film yang menjadi permainan terbaik Dustin Hoffman. Atau dalam daftar ini ada film yang belum masuk? Tinggalkan di kolom komentar ya!

Let People Know!