Permainan Terbaik Tom Hanks
Listicle

7 Permainan Terbaik Tom Hanks Sepanjang Karirnya

Siapa yang tak mengenal aktor yang satu ini. Tom Hanks atau yang punya nama lengkap Thomas Jeffrey Hanks merupakan seorang aktor legenda Hollywood yang lahir pada 9 Juli 1956 dan mendapatkan banyak sekali penghargaan atas penampilannya di banyak film. Lalu kalau sekarang kita akan bicara soal permainan terbaik Tom Hanks, rasanya akan sangat sulit menyebutkan mana yang terbaik. Pasalnya hampir semua permainan Tom Hanks adalah yang terbaik. Dalam tiap filmnya ia selalu berusaha lebur dengan tokohnya dan bermain sejujur mungkin sebagai tokoh. Tapi untuk mencari yang terbaik di antara yang terbaik akuaktor telah berhasil mengumpulkan atau lebih tepatnya menyarin 7 permainan terbaik Tom Hanks sepanjang karirnya. Apa saja itu? Berikut daftarnya;

 

1.     Andrew Beckett – Philadelphia (1993)

Philadelphia adalah salah satu permainan terbaik Tom Hanks yang patut ditaruh di nomor satu. Kenapa? Bukan hanya karena banyaknya penghargaan yang diraihnya dari film ini, tapi juga karena permainannya yang luar biasa. Dalam film ini Hanks berperan sebagai Andrew Beckett, seorang pengacara yang menderita HIV Aids dan berusaha memperjuangkan pekerjaannya sebagai seorang pengacara. Dalam film ini Hanks berhasil bermain sangat luar biasa. Ia berhasil menciptakan tokoh Andrew dengan lengkap. Bukan hanya soal capaian fisik, psikologi, atau pun sosiologi tokoh, tapi juga pertumbuhan tokoh Andrew dari awal sakit, hingga akhirnya meninggal. Bahkan konon kabarnya dari film ini, anggapan orang mengenai penderita HIV Aids berubah total dan orang-orang jadi banyak yang mendukung para penderita HIV untuk terus berjuang. Permainan yang luar biasa! Ngefek bukan hanya selama film, tapi setelah film selesai!

 

2.     Forrest Gump – Forrest Gump (1994)

Film kedua yang menjadi permainan terbaik Tom Hanks adalah ketika ia bermain sebagai Forrest Gump. Siapa yang tak mengenal Tom Hanks ketika ia bermain dalam film ini? Bisa dibilang film ini adalah salah satu film terbaik sepanjang karir Tom Hanks yang bahkan sampai detik ini masih menjadi acuan banyak aktor pemula untuk belajar keaktoran. Bukan hanya soal capaian fisik dan 3 dimensi tokoh yang lain, tapi tentang bagaimana luruh dan leburnya Tom Hanks dalam tokoh Forrest Gump. Ada banyak hal yang menarik dari film ini dan juga permainan Tom Hanks, salah satunya adalah cara ia menemukan aksen dan gaya bicara Forrest. Ia mendapatkan itu dari meniru tokoh Forrest kecil. Padahal sebelumnya, sutradara ingin merubah cara bicara anak kecil itu, tapi Hanks malah menggunakan itu untuk tokohnya. What an actor!

 

3.     Josh Baskin – Big (1988)

Film yang rilis tahun 1988 ini juga tak kalah luar biasa. Dalam film ini Tom Hanks bermain sebagai Josh Baskin yang merupakan seorang anak kecil yang terperangkap dalam tubuh dewasa. Permainan Tom Hanks dalam film ini cukup menarik. Ia berhasil mewujudkan bukan hanya laku, tapi juga cara berpikir tokoh yang sebenarnya masih anak-anak tapi berada dalam tubuh orang dewasa. Dalam film ini Hanks berhasil mendapatkan nominasi Oscar pertamanya.

 

4.     Chuck Noland – Cast Away (2006)

Wilson!!! Ada yang tahu dengan Wilson? Wilson memang bukan tokoh yang dimainkan oleh Tom Hanks, tapi ia adalah bola voli yang menemani Chuck Noland, tokoh yang dimainkan Tom Hanks selama ia terdampar di pulau terpencil. Tom Hanks bermain outstanding dalam film ini. Ia bukan cuma berhasil menghidupkan tokohnya, menjalankan pikiran, pertumbuhan fisik, dan hal lain dalam tokohnya, tapi juga berhasil menghidupkan Wilson. Tokoh imajinasi yang berwujud bola voli. Kami, tim akuaktor yang menonton film ini sempat terpukau dan ikut merasakan betapa hidupnya Wilson.

Dan tahukah kamu, brewok Chuck dalam film ini asli. Tom Hanks meminta crew untuk menunggunya sampai tunggu brewok selama 3 bulan! Rugi nggak tuh produksinya?

 

5.     John H. Miller – Saving Private Ryan (1998)

Film kelima yang menjadi permainan terbaik Tom Hanks sepanjang karirnya adalah ketika ia bermain sebagai John H. Miller dalam film Saving Private Ryan. Dalam film ini Tom Hanks berhasil mendapatkan beberapa nominasi dalam beberapa penghargaan. Meskipun hanya sebatas nominasi, Hanks tetap bermain luar biasa dalam film ini. Ia berhasil menjalankan emosi tokohnya dengan baik. Kalau dalam Stanislavki disebutkan teori Here and Now, maka Tom Hanks dengan sangat sukses melaksanakan teori tersebut. Bukan cuma itu, ia juga berhasil memainkan berlayer-layer emosi tokoh tersebut dalam beberap adegan. Miller yang merupakan pimpinan rombongan itu berhasil menjadi pemimpin yang kuat di depan anak buahnya, tapi lelaki yang di satu sisi berusaha kuat.

 

6.     Ben Bradlee – The Post (2017)

Film The Post merupakan salah satu film dari Tom Hanks yang rilis pada dekade ini. Meskipun tak mendapat banyak pujian dalam permainannya di film ini, akuaktor tetap memasukkan film ini dalam daftar karena dalam usianya yang sudah tak lagi tua, Tom Hanks tetap menjaga kualitas keaktorannya. Meskipun ia tak segila ketika masih muda, tapi semangatnya untuk tetap berada dalam koridor tokoh dan ruang profesionalitas sebagai aktor patut diacungi jempol dalam film ini.

 

7.     Captain Phillips – Captain Phillips (2013)

Film terakhir yang menjadi permainan terbaik Tom Hanks adalah ketika ia berperan sebagai Kapten Phillips dalam film Captain Phillips. Film yang kurang lebih bercerita tentang sebuah kapal yang dibajak dan Tom Hanks sebagai kaptennya ini berhasil membuat Tom Hanks yang “sempat vakum” dalam peta persaingan aktor berkualitas Hollywood ini kembali muncul. Salah satu adegan yang paling menarik dalam film ini adalah ketika ia berhasil selamat dan dirawat oleh petugas. Kamu bisa melihat videonya di atas. Dalam video itu kita bisa melihat bagaimana tekanan yang diperoleh tokoh selama peristiwa berlangsung tetap dijalankan oleh Tom Hanks. Ia tak serta merta lega karena sudah lolos dari kematian, tapi beban itu masih ia simpan dan muncullah permainan emosi yang menarik.

Itu tadi 7 permainan terbaik Tom Hanks menurut Akuaktor. Ada banyak film yang sebenarnya ingin kami masukkan dalam daftar ini, tapi sepertinya 7 daftar ini adalah “untuk sementara” menjadi 7 permainan terbaik Tom Hanks. Ia masih belum pensiun, jadi semoga 7 daftar ini akan berubah.

Viva aktor!

Let People Know!