7 Aktris Peraih Oscar Terbaik Sepanjang Sejarah

Aktris Peraih Oscar Terbaik

Melihat para aktris yang berhasil meraih penghargaan pada gelaran Oscar tentu sangat menarik. Terlebih lagi jika kita tahu kenyataan bahwa hampir kebanyakan dari para aktris tersebut bukanlah seorang method actor. Meski bukan seorang pengguna method, mereka tetap berhasil memainkan tokohnya dengan sangat apik. Tercatat ada 14 aktris yang telah berhasil meraih penghargaan aktris terbaik Oscar sepanjang sejarah. Selama 90 kali Oscar digelar, siapa yang kira-kira menjadi Aktris Peraih Oscar Terbaik sepanjang sejarah? Akuaktor telah mencoba merangkum 7 dari sekian banyak aktris terbaik selama Oscar digelar. Lalu siapa saja kira-kira aktris peraih Oscar terbaik sepanjang sejarah? Berikut daftarnya;

1.     Charlize Theron (Monster)

Source: fried plantains

 

Aktris peraih Oscar terbaik sepanjang sejarah yang pertama adalah Charlize Theron yang bermain di film Monster. Film yang rilis pada tahun 2003 ini merupakan kisah nyata seorang pembunuh berantai perempuan yang terkenal dan membuat heboh Amerika Serikat kala itu. Dalam film yang disutradarai oleh Patty Jenkins ini Charlize Theron bermain sebagai Aileen Wuornos. Charlize berhasil memainkan Aileen dengan sangat bagus. Dengan bantuan make up prosthetic yang luar biasa, Charlize menaikkan berat badannya sekitar 7-9 kilogram untuk menambah tampilan tokoh lebih meyakinkan lagi. Dalam film ini bukan hanya capaian fisiknya yang menarik, tapi permainan emosi Theron pada tokoh Aileen. Ia berhasil memainkan kompleksitas emosi yang dimiliki tokoh Aileen. Permainan yang sempurna ini berhasil mengantarkan Charlize meraih Aktris terbaik Oscar pada tahun 2003, Golden Globe, dan juga SAG Award.

2.     Natalie Portman (Black Swan)

Source: spotlight

 

Siapa yang tidak terpesona dengan permainan Natalie Portman dalam Black Swan? Film yang rilis tahun 2010 berhasil “hidup” dengan kehadiran dan permainan Natalie. Untuk mempersiapkan tokohnya pun, Natalie rela berlatih ballet selama setahun dan mempelajari tokoh dengan sangat detail. Tokoh Nina Sawyers yang dimainkan Natalie ini memiliki kompleksitas tokoh yang tinggi. Terlebih lagi tokoh ini dalam film Black Swan memiliki semacam penyakit mental. Tekanan mental itu berhasil dimainkan dengan sangat baik oleh Natalie. Permainan Natalie dalam film ini pantas rasanya berada di jajaran Aktris Peraih Oscar terbaik. Bukan hanya soal permainannya di film ini, tapi juga tentang bagaimana permainan Natalie di tiap film dan juga perkembangan permainannya pada tiap film yang ia mainkan. Natalie pun mendapatkan banyak penghargaan dan pujian dari film Black Swan. Ia tercatat mendapatkan Oscar tahun 2010, BAFTA, Golden Globe, dan beberapa penghargaan lainnya.

3.     Jennifer Lawrence (Silver Linings Playbook)

Source: youtube

 

Aktris Peraih Oscar terbaik yang selanjutnya adalah Jennifer Lawrence yang bermain dalam film Silver Linings Playbook. Dalam film yang dirilis pada tahun 2012 ini, Jennifer bermain sebagai Tiffany Maxwell, seorang janda muda yang terkena depresi. Dalam film ini ia bermain bersama Bradley Cooper yang juga menjadi seorang bipolar. Sama seperti Jennifer, Bradley juga bermain sangat baik pada film ini. Keduanya sedang mengambil sesi meditasi untuk mengatur emosi mereka. Jennifer bermain “luruh” dalam film ini. Hampir semua emosi yang dikeluarkan oleh Jennifer tidak ada yang janggal. Bukan hanya itu, dengan kompleksitas tokoh yang tinggi, emosi yang muncul seolah selaras dengan kompleksitas tokoh tersebut. Selain berhasil mendapatkan Oscar pada tahun 2012, Jennifer juga mendapatkan beberapa penghargaan lain untuk permainannya di film ini.

4.     Jodie Foster (The Silence of the Lamb)

Source: flavorwire

 

Pada tahun 1991, Jodie Foster yang bermain sebagai Clarice Starling dalam The Silence of The Lamb ini berhasil mendapatkan Oscar keduanya. Jodie Foster yang bermain sebagai seorang murid akademi FBI. Gurunya menyuruh Starling datang untuk menginterview Dr. Hannibal Lecter yang dimainkan oleh Anthony Hopkins. Saking bagusnya Jodie Foster bermain dalam film ini, ia juga dinobatkan sebagai peringkat keenam sebagai tokoh protagonis terbaik sepanjang sejarah film pada AFI’s 100 Years… 100 Heroes and Villains. Jodie berhasil memainkan tokoh ini secara utuh. Dari mulai seorang murid Akademi FBI, perempuan berani, dan perempuan yang juga punya ketakutan. Cara bicara yang khas juga berhasil Jodie ciptakan untuk membuat tokohnya semakin utuh. Belum lagi ketika ia bermain bersama Anthony Hopkins. Mereka berdua berhasil “hidup bersama” dalam adegan yang mereka mainkan. Jodie mendengarkan dengan baik, merespon dengan sempurna, dan berhasil memperlihatkan ketakutan yang tersembunyi di balik keberanian yang dimunculkannya.

5.     Katherine Hepburn (The Lion In The Winter)

Source: mubi

 

Mungkin di antara kalian tidak ada yang pernah mendengar nama ini. Apalagi anak-anak millenial. Tapi kalian yang suka dengan dunia keaktoran wajib tahu dengan aktris yang satu ini. Katherine Hepburn adalah satu-satunya aktris yang sampai sekarang berhasil meraih 4 kali Oscar sebagai pemeran utama wanita terbaik. Ia bahkan melebihi capaian Daniel Day-Lewis di kategori yang berbeda. Hepburn masuk nominasi Oscar sebanyak 12 kali. Salah satu film terbaiknya adalah The Lion In The Winter yang rilis pada tahun 1968. Pasti kalian semua belum ada yang lahir kan? Apalagi mimin! Hahaha. Tapi bicara soal permainannya di film tersebut, ia berperan sebagai seorang bangsawan kerajaan bernama Eleanor of Aquitance. Dalam film tersebut Hepburn berhasil menciptakan Eleanor dengan sangat sempurna. Ia sangat konsisten dalam tiap adegan yang dilakoninya. FYI, raihan Oscar Hepburn dalam film ini adalah yang ketiga dan yang kedua berturut-turut setelah tahun sebelumnya, ia juga berhasil mendapatkan Oscar.

6. Frances McDormand (Three Billboard Outside Ebbing Missouri)

Source: movie time guru

 

Tak adil rasanya tidak memasukkan aktris eksentrik yang satu ini dalam daftar Aktris Peraih Oscar Terbaik. Nama Frances McDormand hampir sangat jarang terdengar. Ia tidak terlalu populer di kalangan umum. Tapi jika kita menilik lebih dalam lagi soal capaiannya dalam dunia keaktoran, Frances adalah 1 dari 13 perempuan yang telah berhasil meraih 2 piala Oscar. Dalam film ini Frances berperan sebagai ibu yang depresi karena anaknya terbunuh dan berusaha mencari siapa pembunuh anaknya. Ia memasang pengumuman di Billboard untuk terus berusaha mencari pembunuh anaknya. Tokohnya yang depresi, sedih, merasa bersalah, dan punya perjalanan emosi yang sangat kompleks, berhasil dimainkan dengan apik oleh Frances. Bahkan jika diperhatikan betul, Frances berhasil menciptakan halaman nol tokohnya yang sangat terbaca di tiap laku kecil dan dialog-dialog yang diucapkannya. Tak hanya itu, emosi yang dimainkan Frances juga sangat dinamis. Sepanjang film, kita bisa dipastikan tidak akan bosan melihat permainan Frances. Ia berhasil mengemas kebahagiaan dalam kesedihannya sebagai ibu yang merasa bersalah, dan emosi-emosi lain yang terbungkus apik dalam tokoh Mildred Hayes yang ia mainkan.

7.     Meryl Streep (The Iron Lady)

Source: fried plantains

 

Siapa yang tak kenal aktris yang satu ini? Meryl Streep adalah nominator Oscar terbanyak sepanjang sejarah! Ia hingga saat ini berhasil meraih 17 nominasi Oscar sebagai Aktris Utama terbaik dan 4 nominasi sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terbaik. Dari total 21 nominasi yang berhasil ia dapatkan, hanya ada 3 piala Oscar yang berhasil ia raih. 1 dari nominasi pemeran pembantu wanita terbaik, dan 2 yang lain dari aktris utama terbaik. Meskipun jika dihitung secara matematika “kegagalan” Meryl lebih besar dibanding aktris lain, tapi Meryl bisa dibilang menjadi Aktris yang paling konsisten dalam setiap permainannya. Ia juga pantas menjadi Aktris Peraih Oscar Terbaik.

Sebenarnya agak bingung memilih film mana yang menjadi film terbaik Meryl ketika ia berhasil meraih Oscar. Tapi nampaknya The Iron Lady adalah film terbaiknya ketika berhasil meraih Oscar. Dalam film tersebut ia bermain sebagai Margaret Tatcher, perdana menteri Inggris. Margaret adalah tokoh yang “agak sakit” karena selalu punya bayangan tentang suaminya yang sudah lama meninggal. Ia bahkan masih terus berbicara dengan suaminya tersebut. Dalam film ini capaian Meryl Streep sangat lengkap. Ia berhasil menciptakan suara, menciptakan tubuh, memainkan emosi tanpa embel-embel keinginannya sebagai aktor, dan capaian menakjubkan lainnya. Meryl Streep memang pantas disebut sebagai salah satu aktris dengan kualitas paling konsisten di dunia.

Itu tadi 7 aktris peraih Oscar terbaik versi akuaktor.com. Sebenarnya ada film lain yang juga ingin disebutkan dalam daftar ini. Seperti misalnya Hillary Swank di Boys Don’t Cry, Sandra Bullock di Blind Side yang tampil sangat jujur, Julianne Moore yang bermain di film Still Alice, dan banyak lagi lainnya. Tapi di antara yang terbaik harus ada yang terbaik.

Ini versi Akuaktor. Kalau Aktris Peraih Oscar Terbaik versimu?

%d blogger menyukai ini: