Golden Raspberry Awards
Opini

Golden Raspberry Awards, Mencari yang Terburuk

Pernah mendengar penghargaan ini? Golden Raspberry Awards adalah sebuah penghargaan yang diselenggarakan sehari sebelum Oscar dihelat. Mungkin banyak dari kamu yang bertanya, kenapa “mencari yang terburuk”? Bukankah yang namanya penghargaan seharusnya mencari yang terbaik? Untuk penghargaan yang satu ini tidak seperti itu. Golden Raspberry Awards, atau yang juga punya nickname Razzie ini adalah satu bentuk penghargaan yang berbeda. Razzie mencari yang terburuk. Kenapa bisa begitu?

Sejarah Golden Raspberry Award si “Pengolok-olok”

Golden Raspberry Awards ini diinisiasi oleh seorang publicist, dan alumni UCLA, bernama J.B. Wilson dan seorang veteran industri film, Mo Murphy. Sekitar tahun 1981, J.B. Wilson mengadakan sebuah pesta dadakan di rumahnya di Los Angeles tepat pada malam penyelenggaraan Oscar tahun itu. Lalu setelah penyelenggaraan Oscar selesai, Wilson mengundang teman-temannya untuk memberikan semacam penghargaan random versinya. Wilson lalu berpikir untuk membuat acara tersebut lebih formal. Ia memberikan surat suara pada teman-temannya tersebut untuk memilih film terburuk versi mereka. Ternyata acara dadakan tersebut cukup sukses dan bahkan mendapatkan perhatian koran lokal, termasuk Los Angeles Daily News.

Source: hollywood reporter

Pada penyelenggaraan Razzie yang pertama itu, sekitar 36 orang yang datang. Lalu pada penyelenggaraan keduanya jumlah orang yang hadir dua kali lipat dari penyelenggaraan yang pertama. Begitu juga dengan penyelenggaraan yang ketiga dimana orang-orang yang hadir jadi semakin banyak. Lalu pada penyelenggaraan keempat, CNN dan dua stasiun TV besar lainnya meliput acara tersebut. Wilson kemudian menyadari bahwa dengan menyelenggarakan Razzie sehari sebelum Oscar, perayaan itu akan semakin menjadi perhatian para wartawan dari seluruh dunia. Bentuk piala dari penghargaan ini adalah buah Raspberry kecil yang berwarna emas.

Semenjak saat itu, Golden Raspberry Awards selalu diselenggarakan setiap tahun di hari sebelum Oscar. Pada tahun 2018 ini, Golden Raspberry Award telah mencapai penyelenggaraannya yang ke 53.

Siapa Anggota Razzie dan Caranya Mendapatkan Pemenang?

Golden Raspberry Award ini memiliki lebih dari 650 anggota yang tercatat pada tahun 2009. Mungkin sekarang anggotanya semakin banyak. 650 anggota itu terdiri dari jurnalis, penggemar film, dan juga filmmaker profesional. Para pemilih itu berasalah dari 45 negara bagian Amerika Serikat dan 19 negara lainnya. Lalu yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara Razzie mendapatkan anggotanya? Dari salah satu kritik terhadap Razzie mengatakan bahwa para anggotanya tidak dipilih berdasarkan kemampuan atau beberapa syarat yang rumit seperti Academy Award. Razzie memilih anggotanya berdasarkan “siapa yang membayar”. Berdasarkan keterangan The Daily Telegraph, siapapun yang ingin menjadi anggota dari Golden Raspberry Award Foundation bisa membayar 40 dollar saja.

Source: CBS news

Lalu bagaimana cara mereka mendapatkan pemenang pada tiap kategori? Jika Oscar harus melalui proses yang sangat rumit, persyaratan yang banyak, serta melewati kurang lebih 6400 orang yang memang kredible di bidangnya untuk kemudian bisa mendapatkan pemenang, Razzie tidak begitu. Berdasarkan keterangan Indiewire, para anggota Razzie bisa memilih film yang menurut mereka terburuk tanpa perlu melihatnya. Mereka kemudian hanya perlu memilih film terburuk atau akting terburuk dan beberapa kategori lainnya dan memasukkannya di kotak suara. Golden Raspberry Awards Foundation kemudian memilih yang terbanyak.

Jika kita melihat cara mereka menilai, maka bisa jadi tidak ada semacam parameter penilaian yang tepat akan cara mereka memilih pemenang, atau dalam hal ini kita sebut “Yang Terburuk”.

Apa saja Kategorinya dan Siapa yang Pernah Menang Oscar dan Razzie?

Dalam Razzie saat ini ada 10 kategori yang diperlombakan. Mulai dari Film Terburuk, Aktor Terburuk, Aktris Terburuk, Pemeran Pembantu Pria Terburuk, dan Pemeran Pembantu Wanita Terburuk. Tak hanya itu, di Razzie juga ada Prequel, Remake, Rip-Off, atau Sekuel terburuk. Lalu juga ada Naskah terburuk, Worst Screen Combo, dan The Razzie Redeemer Award yang diberikan pada artis yang sempat gagal baik secara kualitas kemudian berhasil keluar dari kritik dan menjadi artis yang lebih baik. Mungkin hanya ini kategori Razzie yang bisa dibilang sedikit agak baik. Well, seburuk apapun seseorang pasti ada yang baik kan?

Source: IMDb

Ada banyak sekali aktor, aktris, dan penggiat film yang berhasil memenangkan penghargaan yang satu ini. tapi dari sekian peraih, hampir tidak ada satu pun yang menghadiri undangan ini kecuali 2 orang yakni Sandra Bullock yang mendapatkan penghargaan sebagai Aktris terburuk ketika ia bermain di All About Steve, dan Halley Berry di Cat Woman. Lalu ada banyak sekali nominasi yang pada penyelenggaraan Razzie mendapatkan penghargaan dan juga berhasil memenangkan Oscar. Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah ketika Sandra Bullock yang memenangkan Razzie sebagai Aktris Terburuk, juga menang sebagai Aktris Terbaik di Oscar pada tahun 2010 di film Blind Side.

Apakah Golden Raspberry Bagian Dari Kritik?

Tentu saja. Golden Raspberry merupakan bagian dari kritik yang meskipun mungkin pada awalnya didirikan sebagai gelaran asal, Razzie menjadi gelaran yang semakin serius. Meskipun saat ini belum diketahui apakah penilaian mereka masih dengan cara yang sama atau tidak. Beberapa penggiat film di Hollywood tak pernah menganggap serius Razzie karena menurut mereka penilaian Razzie adalah penilaian asal yang tidak berdasar. Tapi meski begitu, Wilson telah berhasil menciptakan sebuah kolam yang penuh dengan orang yang tidak suka pada satu film tanpa alasan. Mereka hanya tidak suka saja, tak butuh alasan. Wilson berhasil menggumpulkan orang-orang tersebut.

Bisakah kita menciptakan hal semacam itu di Indonesia? Bagaimana menurutmu? Tulis di kolom komentar ya!

Let People Know!