fbpx

Prediksi Best Supporting Actor & Actress Oscar 2021; MENARIK!

best supporting

Setelah membaca prediksi untuk Best Actor dan Best Actress, sekarang mari kita lihat prediksi untuk kategori Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress. Ada beberapa hal menarik di dua kategori ini. Salah satunya adalah masuknya Lakeith Stanfield ke dalam kategori ini serta Glenn Close yang juga jadi nominator di Razzie Awards. Tapi, di antara sekian banyak hal menarik itu, siapa yang akan menjadi Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress tahun ini? Ini prediksi kami! 

Best Supporting Actor 

Sacha Baron Cohen – The Trial of the Chicago 7 (5%)

 

 

Kami tidak meragukan Sacha ketika ia bermain. Sacha tetap punya kualitas yang baik sebagai aktor. Ketika ia bermain di The Trial of the Chicago 7, Sacha memiliki capaian fisiologis yang cukup baik. Ia mengubah aksen, mengubah bentuk rambut, dan sedikit mengubah suara. Capaian itu kami rasa cukup membuatnya menjadi salah satu nominee di kategori ini. Tapi sayangnya hanya sebagai penggembira. Kenapa? Kami sering menonton Sacha. Kami rasa ia bermain lebih baik di Borat dari pada film ini. Dan lagi, di The Trial of the Chicago 7 ada Frank Langella yang kami rasa jauh lebih baik permainannya dan lebih meyakinkan dari pada Sacha. Kami bahkan mengira Langella yang akan masuk Oscar. Atau aktor lain di film lain, seperti Jared Leto di The Little Things yang punya capaian signifikan. Tapi… kenyataan berkata lain. Kenapa ya? Anyway, 5% kami rasa cukup, sebagai penggembira di kategori ini. 

 

Leslie Odom, JR. – One Night in Miami (10%)

 

 

Leslie Odom berhasil menjadi nominasi di kategori ini salah satu alasan paling jelas adalah karena di film ini, selain berakting, ia juga bernyanyi. Ingat apa yang kami sebut soal selera Oscar di artikel prediksi Best Actor? Siapapun aktor yang mendapat karakter dengan porsi bernyanyi, maka ia punya kans lebih besar untuk masuk nominasi. Makin besar ketika tokohnya juga punya porsi permainan emosi yang kompleks. Itu kenapa kami pikir alasan Leslie Odom, JR. berhasil masuk Oscar. Itu juga yang jadi alasan kami memberikannya 10%. 

Selain itu ingat, Leslie juga bermain sebagai Sam Cooke, seorang tokoh yang benar-benar ada di dunia nyata. Makin kuat kan alasannya untuk layak masuk nominasi Oscar tahun ini? Tapi kalau untuk mendapatkan penghargaannya, sepertinya kemungkinannya hanya 10% dari total 100%. Kenapa? Ya karena ada yang lebih bagus dari dia. 

 

Paul Raci – Sound of Metal (15%)

 

 

Satu-satunya alasan kami meletakkan Paul Raci di posisi ketiga dengan 15% adalah karena ia bermain sebagai tokoh bisu tuli dengan penguasaan bahasa isyarat yang sangat baik. Selain itu di Sound of Metal, Paul Raci juga memiliki beberapa porsi emosi yang cukup dalam. Baik tokohnya Leslie atau Paul tentu sama-sama sulit. Tapi kami rasa bagi Paul Raci yang harus menunjukkan emosinya dengan bahasa isyarat, jadi sedikit lebih rumit dari Leslie. Itu kenapa kami pikir Paul Raci punya kans sedikit lebih besar dari Leslie untuk mendapatkan Oscar tahun ini. Meskipun, masih tidak lebih besar dari dua orang yang akan kami sebutkan nanti.

 

Lakeith Stanfield – Judas and the Black Messiah (30%)

 

 

Kami kaget, meski nggak setengah mati juga ketika tahu Lakeith Stanfield masuk Oscar dan masuk ke kategori ini. Lho lho! Kok bisa? Dia kan secara porsi lebih cocok untuk masuk ke Best Actor? Tapi sayangnya Oscar nggak bekerja dengan cara itu. Masuknya Lakeith Stanfield kami pikir karena memang diajukan ke kategori ini oleh pihak produser. Padahal setelah kami melihat permainannya, kami merasa capaian Lakeith lebih baik dari pada Steven Yeun. Meskipun tetap tipikal. Tapi emosinya sangat kompleks dan berhasil dengan baik menunjukkan emosi yang kompleks dan berlayer itu. 

Jadi, karena dia seharusnya masuk Best Actor dan malah dimasukkan ke Best Supporting Actor, maka kami rasa kesempatannya mendapatkan Oscar tahun ini cukup besar. 30% dari total 100% yang ada layak untuk Lakeith. 

 

Daniel Kaluuya – Judas and the Black Messiah (40%)

 

 

Sudah sangat pasti Daniel Kaluuya akan mendapatkan Oscar tahun ini. Begitu awalnya kami berpikir. Tapi kami berubah pikiran ketika Lakeith Stanfield juga masuk di kategori ini. Film Judas and the Black Messiah jadi film yang aneh karena kalau berdasarkan hasil nominasi Oscar tahun ini tidak ada tokoh utama di film ini. Semuanya pemeran pembantu. Aneh kan? Tapi, awalnya kami bisa menulis 90% Oscar untuk Daniel Kaluuya. Pertama karena 4 penghargaan bergengsi, mulai dari Golden Globe, SAG Awards, Critics Choice, sampai BAFTA diboyong Daniel Kaluuya. Hal itu membuatnya punya kans 90% mendapatkan Oscar. Tapi, 90% itu bergeser ke 40% karena Lakeith Stanfield dan Paul Raci yang masing-masing punya capaian menarik. 

Jadi, siapa donk Best Supporting Actor Oscar tahun ini? Daniel Kaluuya? Lakeith Stanfield yang kami rasa lebih cocok masuk Best Actor? Atau Paul Raci dengan segala capaiannya? Atau malah Leslie Odom, JR akan mengejutkan kita? Atau… Sacha? Let’s see!

Best Supporting Actress

Amanda Seyfried – Mank (10%)

 

 

Amanda di kategori ini mungkin hanya akan menjadi penggembira. Kami sejujurnya agak bingung kenapa ia bisa masuk Oscar. Mengingat ada aktris lain yang kami rasa jauh lebih pantas untuk masuk nominasi ini. Misalnya Taylour Paige yang menjadi Dussie Mae di Ma Rainey’s Black Bottom. Menurut kami capaian Amanda pada beberapa aspek keaktoran tidak cukup signifikan. Amanda sama bagusnya seperti ia di banyak film yang ia mainkan, yang tidak masuk Oscar. Itu kenapa kami beri 10% untuk Amanda dari 100% kesempatan mendapatkan Best Supporting Actress Oscar tahun ini. 

 

Maria Bakalova – Borat Subsequent Moviefilm (21%)

best supporting

 

 

Maria Bakalova memang cukup mengejutkan, terutama karena bisa dibilang film Borat adalah debutnya di Hollywood. Kalau untuk permainan Maria sendiri, kami sedikit banyak setuju ia masuk Oscar. Kenapa? Maria terasa benar-benar luruh pada peristiwa, dan kami pikir tingkat kesulitan karakter ini jauh lebih tinggi dari tokoh yang dimainkan Amanda. Terutama pada adegan-adegan yang dilalui. Tokoh yang dimainkan Maria harus melalui kelucuan, sekaligus satir, dan pada beberapa momen harus bisa menyentuh titik tersedih. Lebih kompleks kan? Itu kenapa Maria layak mendapatkan 20%. 

 

Glenn Close – Hillbilly Elegy (22%)

best supporting

 

 

Ketika kami melihat permainan Glenn Close di Hillbilly Elegy, kami langsung menjagokannya, bukan hanya untuk masuk nominasi, tapi mendapatkannya. Tapi ketika dalam satu waktu yang bersamaan, nama Glenn Close juga masuk ke Razzie sebagai Supporting Actress terburuk, kami jadi bingung. Kami bingung dengan Razzie, dan mencoba melihat ulang permainan Glenn Close. Memang ia tidak berhasil mendapatkan banyak penghargaan dari permainannya di Hillbilly Elegy. Tapi ia memiliki capaian yang menurut kami lengkap. 

Capaian fisiologisnya ada, bahkan yang terbaik di kategori ini. Capaian emosinya juga ada, meski bukan yang terbaik dan paling kompleks di kategori ini. Tapi, kami bahkan bisa bilang kalau Glenn Close punya capaian fisiologis terbaik tahun ini pada semua kategori keaktoran di Oscar, bahkan mungkin tahun ini pada semua penghargaan. Meski namanya masuk Razzie, kami masih percaya Glenn Close pantas masuk nominasi Oscar dan punya kans besar mendapatkan Best Supporting Actress. Meskipun, persentasenya bukan yang paling besar. 

 

Olivia Colman – The Father (23%)

best supporting

 

 

Nah, kalau Glenn capaian fisiologisnya yang terbaik, Olivia kompleksitas emosinya yang terbaik di antara semua aktris yang masuk ke dalam kategori ini. Kami bahkan bisa bilang capaian Olivia itu yang terumit dan tersulit. Tapi kenapa ia hanya mendapatkan 23%? Dan kenapa ia ada di urutan kedua? Bukan jadi jagoan kami? Jawabannya ada di alasan kami memilih Yuh-Jung Youn menjadi yang pertama. 

 

Yuh-Jung Youn – Minari (24%)

best supporting

 

 

Satu-satunya alasan selain capaian fisiologis yang rata-rata, nggak signifikan banget, dan permainan emosi yang tidak lebih kompleks dari Olivia Colman, adalah Yuh-Jung Youn berhasil luruh dengan karakter yang ia mainkan. Sangat luruh bahkan kami bilang. Ia bermain begitu ikhlas, mendengarkan dengan sangat baik, tidak merencanakan, dan yang paling penting, karakter yang dimainkan Yuh-Jung Youn ini lovable. Seperti yang kami bilang di Acting Review. Itulah alasan kenapa Olivia Colman ada di urutan kedua dan Yuh-Jung Youn ada di urutan pertama. Meski begitu, persaingan Olivia dan Youn sangat ketat. Tapi SAG dan BAFTA sudah jadi milik Youn, maka kami rasa Oscar pun juga akan begitu. 

Itu prediksi kami untuk kategori supporting aktor dan aktris. Menurut kalian siapa yang pantas mendapatkan penghargaan ini? Coba tulis pendapatmu di kolom komentar! 

Terima kasih, viva aktor