fbpx

Nomadland; Kenapa Frances McDormand Dapat Oscar?

nomadland

Sudah baca prediksi Best Actress Oscar kami? Meleset memang. Diprediksi itu kami menulis Vanessa Kirby sebagai penenang Best Actress Oscar dan Frances McDormand ada di urutan 2 terbawah dengan gap persentase 2%. Ketat memang, tapi dengan jujur kami katakan, ketika melihat hasil Best Actress Oscar kemarin, kami cukup terkejut. Permainan Frances di Nomadland, seperti yang kami bilang; “bukan selera Oscar banget”. Permainan yang selera Oscar adalah Vanessa Kirby, atau Viola Davis. Tapi rupanya tahun ini selera Oscar tidak berjalan seperti yang kami kira. Atau berubah, tapi kami yang kurang berhasil menangkap perubahan itu. 

Kami kemudian jadi bertanya-tanya, kenapa Frances McDormand bisa mendapatkan Best Actress Oscar? Apa yang berhasil dilihat para voter dan tidak berhasil kami lihat? Atau apa yang dilihat para voter pada nominee lain yang kami tidak lihat? Setelah menyewa filmnya di Amazon Prime seharga 20 dollar, kami lalu menonton Nomadland tiga kali untuk tahu betul kenapa Frances menjadi aktris terbaik tahun ini. Kami menemukan jawabannya (sepertinya). Ini jawaban lengkapnya.

nomadland

 

 

Nomadland, Fern, dan Tidak Sederhana

Iya, kami tahu dari awal menonton kalau tokoh Fern memang tidak sederhana. Tapi kami sempat menduga tokoh Fern ini terlalu rumit untuk dibaca sehingga ia seharusnya tidak mendapatkan Oscar. Ingat, awalnya kami merasa kalau tokoh yang kelewat rumit, hanya akan masuk nominasi. Banyak kasus macam itu pernah terjadi. Misalnya pada beberapa permainan Glenn Close. Dari mulai ketika ia menjadi Albert Nobbs, bermain di The Wife, dan beberapa permainan lain. Atau Rosamund Pike ketika ia bermain sebagai Amy di Gone Girl. Banyak lagi kasus yang lain, dimana ketika permainan atau karakter kelewat rumit, akan dapat nominasi, tapi sulit mendapatkan Best Actress. 

Tapi kami salah. Justru kerumitan tokoh ini ternyata – yang jika dipahami dengan baik dan berhasil mendapatkan kunci untuk memahami karakter ini –  yang menjadi alasan kenapa Frances mendapatkan Best Actress. Selain itu permainannya yang terkesan rumit itu rupanya, setelah menonton tiga kali dan mendapati kunci memahami karakter ini, malah jadi kelewat sederhana atau sangat manusiawi. Mungkin seperti manusia sungguhan, sejatinya rumit, tapi saking rumitnya, jadi sederhana. 

Kami memang mengatakan kalau untuk memahami Fern di Nomadland butuh effort lebih. Nomadland bukan untuk orang-orang yang sekedar cari hiburan. Nomadland dan Fern lebih dari itu. Fern juga bukan karakter yang secara mudah bisa dicintai seperti Yuh-Jung Youn di Minari. Fern sedikit kompleks. Tapi, meski kompleks, Frances berhasil membuatnya manusiawi. Kami pikir itu alasan kenapa ia berhasil mendapatkan Oscar.  

Coba perhatikan baik-baik pada setiap momen karakter ini muncul. Kita selalu diperlihatkan kondisi karakter yang sepertinya menyimpan banyak persoalan. Karakter ini terlihat begitu kompleks, rumit, ruwet, dan kacau di dalam. Tapi perhatikan baik-baik ketika karakter ini menjalankan responnya. Ia tetap in the moment. Frances tetap berusaha merespon apapun yang terjadi di luar dirinya tanpa meninggalkan apapun yang sedang terjadi di dalam dirinya. 

Bahkan bukan hanya itu. Dari apa yang kami lihat, kenapa permainan Frances pada akhirnya begitu kuat, kompleks, dan sekaligus tetap manusiawi adalah karena ia berhasil membangun relasi yang sangat kuat dengan masa lalu karakternya. Sepanjang Nomadland, beberapa kali kita dijelaskan soal siapa karakter ini. Apa latar belakangnya, apa yang sudah terjadi pada karakter ini, dan sejarah yang lain. Setelah kami mendengarkan sejarah-sejarah itu, kami tahu sejarah Fern begitu kompleks. Dengan sejarah yang kompleks itu, Frances berhasil membangunnya dengan baik, dan juga menciptakan relasi antara Fern masa sekarang, ketika peristiwa di Nomadland terjadi, dan Fern masa lalu sebelum peristiwa di Nomadland terjadi. 

Itulah alasan utama kenapa Frances akhirnya mendapatkan Oscar tahun ini. Ia berhasil menjalankan operasional dalam dengan baik, sekaligus menunjukkan kerja operasional dalam dan juga menjalankan operasional luar dengan baik, tanpa mengganggu jalannya operasional dalam. 

 

 

Bagaimana Dengan Nominee Lain?

Apa bedanya permainan Frances McDormand dengan Vanessa Kirby? Kedua karakternya punya sejarah rumit kan? Vanessa lebih intens malah mungkin.

Menurut kami, pada akhirnya permainan Vanessa memang intens dan cenderung lebih mudah terbaca. Karena ia lebih mudah terbaca, kami rasa tingkat kompleksitasnya jadi tidak lebih tinggi dari Frances. Selain itu kita bisa melihat sejarah karakter Vanessa secara langsung. Berbeda dengan Frances, dimana kita nggak bisa melihat sejarah karakter secara langsung. Satu-satunya cara melihat sejarah karakter adalah dari wajah, laku, dan reaksi si karakter. Menariknya adalah, dengan hasil ciptaan Frances, kita tetap bisa mendapatkan gambaran kesedihan, kesepian, dan segala kesakitan Fern atas masa lalunya. Keberhasilan itu kami pikir terjadi karena operasional dalam dan luar yang sama-sama bekerja maksimal. Frances berusaha luruh dan merespon dengan ikhlas apapun yang terjadi di luarnya, tapi juga berusaha tetap menjalankan dan merespon dengan ikhlas apapun yang sedang dirasakan karakternya. Seperti yang kami bilang, operasional dalam dan luar berjalan beriringan tanpa mengganggu satu sama lain. 

Lalu bagaimana dengan Viola Davis? Karakter yang diciptakan Viola memang unik. Tapi kami lupa, karakter Viola terasa agak teatrikal. Kuat, tapi rasanya over. Sehingga kesan manusiawinya jadi tidak lebih kuat dari Frances McDormand. Sementara Andra Day, kami rasa sekedar berhasil karena karakter biopicnya, serta porsinya bernyanyi. Selain itu, kami rasa jadi tidak lebih dari Frances. Kemudian Carey Mulligan pun kurang lebih sama, tingkat kompleksitas dan keberhasilan menunjukkan keterikatan sejarah karakter dengan karakter di masa film terjadi tak seberhasil Frances. Mungkin sama kompleksnya, tapi karena beda cara, permainan Carey jadi cenderung terasa kurang dalam.

Satu tambahan lagi, yang mungkin akan memperkuat alasan kenapa Frances berhasil mendapatkan Oscar. Di Nomadland, Frances tidak sepenuhnya berhadapan dengan aktor professional. Rata-rata adalah non-aktor karena kalau kalian melihat sampai credit title, hampir semua cast selain Frances menggunakan nama asli mereka. Ini tentu tantangan. Bagaimana bisa berhadapan dengan non-aktor yang kalau salah sikap, alih-alih memperkuat permainan, malah bisa menghancurkan ansambel. 

Kalau soal capain fisiologis, Frances sama seperti semua aktris di kategori ini. Tidak sangat signifikan. Meski ada sedikit capaian lain yakni potongan rambut yang jadi pendek. Tapi itu bisa jadi tidak sangat spesial juga ketika kita melihat permainannya di Three Billboards Outside Ebbing Missouri. 

Bahkan kalau disejajarkan permainan Frances di Three Billboards dan Nomadland, hampir semua lakunya sama. Tidak ada yang benar-benar otentik. Pun, cara menunjukkan relasi sejarah karakter juga sama. Jadi, setelah kami pikir-pikir, alasan Frances menang mungkin sama dengan alasan ketika ia berhasil mendapatkan Best Actress saat bermain Three Billboards Outside Ebbing Missouri. Kalau begitu… apakah penilaian kualitas para voter stagnan? Atau kembali terbaca dan tidak semengejutkan yang kami bilang di awal? Menurutmu kenapa Frances McDormand berhasil mendapatkan Oscar? 

Terima kasih, viva aktor!