fbpx

The United States Vs. Billie Holiday; Capaian Suara yang…

The United States Vs. Billie Holiday

Nggak usah lama-lama lagi, karena sejujurnya ketika kami menonton The United States Vs. Billie Holiday, kami bingung bagaimana mereview aktingnya. Akan kami jelaskan nanti kenapa kami bisa bingung begitu. Awalnya kami kira dengan masuknya Andra Day di nominasi Best Actress di Oscar dan setelah ia mendapatkan penghargaan di Golden Globe sebagai Best Actress in Motion Picture – Drama, maka kami akan dengan mudah menulis apa saja capaiannya termasuk apa saja kekurangannya. Sayangnya tidak. Bukan kemudian tidak ada capaian, tentu saja ada. Baca atau tonton Acting Review The United States Vs. Billie Holiday sampai habis! 

 

Suara Andra Day yang …

Inilah capaian Andra Day yang jika kita melihat dan kemudian membandingkan semua aktris atau bahkan aktor yang masuk ke jajaran Oscar tahun ini, tidak ada satu pun dari mereka yang mampu menandingi capaian suara andra Day di The United States Vs. Billie Holiday. Andra Day tak hanya berhasil mengubah warna suaranya ketika berbicara sebagai Billie Holiday, tapi bahkan ketika bernyanyi. Dilansir dari website Good House Keeping, disebutkan bahwa Andra Day 100% menggunakan suaranya sendiri entah ketika sedang bicara atau ketika sedang bernyanyi. Coba dengarkan baik-baik, ah, bahkan kalian nggak perlu mendengarkan baik-baik, dengarkan sekilas saja, kalian sudah akan menemukan perubahan suara yang sangat signifikan. Lihat video wawancara Andra Day ini; 

 

 

Kemudian bandingkan dengan video ketika Andra Day menjadi Billie Holiday di The United States Vs. Billie Holiday ini; 

 

 

Berbeda banget kan? Nah sekarang coba dengarkan suara Billie Holiday yang asli ketika bicara;

 

 

Lalu dengarkan juga ketika sedang bernyanyi Strange Fruit;

 

 

Kemudian bandingkan dengan Andra Day yang bernyanyi Strange Fruit;

 

 

Meski tidak sama persis jika dibandingkan dengan Billie Holiday, tapi ada capaian yang luar biasa signifikan dari Andra Day. Apalagi jika dibandingkan dengan suara Andra Day yang asli ketika ia sedang bernyanyi. Coba lihat video ini; 

 

 

Capaian suara macam inilah yang menurut kami jadi nilai plus dan bahkan sepertinya menjadi alasan kenapa ia masuk jajaran nominasi Best Actress Oscar dan mendapatkan Golden Globe. Capaian suara itu juga cukup konsisten dari awal sampai film selesai. Meski didera berbagai macam adegan, suara Andra Day sebagai Billie Holiday tidak berubah sampai film selesai. Capaian ini tentu harus di garis bawahi. 

Selain soal suara, apakah ada capaian fisiologis lain? Secara signifikan kami rasa tidak. Atau mungkin tidak begitu kelihatan, pasalnya The United States Vs. Billie Holiday adalah salah satu film pertama Andra Day. Tapi ketika kami membandingkan dan melihat beberapa video interview dan footage Andra Day, capaian fisiologis lain seperti cara berjalan dan beberapa bahasa tubuh besar lainnya tak begitu signifikan berubah. Setidaknya tidak sama signifikannya dengan capaian suara. 

Bagaimana dengan emosi? Sekali lagi, cukup menarik, tapi tidak sesignifikan capaian suara Andra Day. Kenapa bisa begitu? 

 

The United States Vs. Billie Holiday, Agak Kokoh 

 

 

Ini alasannya. Dari awal kami menonton film ini sampai beberapa kali menontonnya, kami merasa kalau Andra Day memang mengalami adegan-adegan yang kompleks dengan emosi yang dalam dan intens. Tapi entah kenapa, kami seperti kesulitan untuk menikmati emosi yang kompleks dan intens itu. Pada upaya menonton yang pertama, kami masih menemui kejanggalan itu. Intens, tapi aneh. 

Lalu pada momen kedua menonton The United States Vs. Billie Holiday, kami juga masih bertanya-tanya; “Ini bagus mainnya, tapi kenapa kayak ada yang bolong ya?” Kira-kira seperti itu pertanyaan kami ketika menonton film ini. Adegan-adegan dengan emosi paling intens, seperti misalnya ketika ditangkap, adegan melihat salib terbakar dan seorang perempuan digantung, adegan ketika mau berpisah dengan Jimmy, dan banyak adegan lainnya, seperti intens tapi aneh. 

Lalu pada upaya menonton yang ketiga, kami baru menemukan sesuatu. Kami rasa memang intens. Tapi ketika kami mau menikmati intensitas tersebut, adegannya sudah berpindah. Kami jadi merasa The United States Vs. Billie Holiday ini sedikit kurang kokoh. Mungkin ya, atau mungkin karena kami yang ingin berlama-lama menikmati adegan yang intens itu aja. Tapi sayangnya, menonton tiga kali kami masih tak bisa sepenuhnya menikmati. Kami tak bisa bilang “Njir, keren! Intens, jelas, tangga emosinya jelas, pijakan awalnya jelas, perjalanan emosinya juga jelas”. Kami nggak bisa bilang begitu. 

Kami sempat berpikir, mungkin karena kesan menutupi sejarah hidup yang dimiliki tokoh ini membuat semua adegan intens yang dilalui Billie Holiday terkesan sedikit kurang kokoh. Jadi selalu ada upaya menyembunyikan pemantik emosinya atau ada upaya untuk mengendalikan laju emosinya. Entahlah, mungkin butuh 5 kali menonton untuk benar-benar mengerti dan menikmati intensitas permainan Andra Day di The United States Vs. Billie Holiday. 

Ada satu tambahan lagi, satu pemain yang menurut kami tampil sebentar sekali, tapi jauh lebih kokoh dari pada Andra Day. Ia adalah Pegawai Lift. Meski sebentar, dialog-dialog Pegawai Lift itu cukup jelas. Emosinya pun cukup intens dan dengan dasar yang kokoh menjadi sepenuhnya bisa dinikmati. 

Terima kasih, Viva aktor