6 Film Wajib Tonton Para Aktor Tahun 2018!

film wajib tonton

Sudah suatu hal yang wajib bagi seorang aktor atau orang-orang yang baru saja ingin mendalami dunia keaktoran untuk memiliki banyak referensi. Tak hanya soal pengalaman berlatih dan pentas atau pun main film, tapi juga referensi bacaan dan juga film. Film dalam hal ini adalah referensi tontonan aktor-aktor yang memang sudah memiliki kemampuan mumpuni dan diakui dunia dan bisa menjadi tempat belajar para aktor. Nah, untuk tahun 2018 awal ini banyak sekali film-film yang recomended banget untuk ditonton para calon aktor dan yang ingin belajar keaktoran. Berikut ini ada 6 film wajib tonton bagi para aktor dan aktris yang ingin mendalami dunia keaktoran.

Phantom Thread (Daniel Day-Lewis).

Film wajib tonton yang pertama adalah Phantom Thread. Phantom Thread adalah sebuah film bergenre drama yang bercerita tentang seorang penjahit ternama di tahun 1950an. Film ini dibuat pada tahun 2017 awal dan disutradarai oleh Paul Thomas Anderson. Seperti yang kita thau bahwa Paul Thomas Anderson ini adalah peraih sutradara terbaik Oscar ditahun 2007 dengan film There Will Be Blood. Nah, yang menarik dari film ini dan kenapa jadi sebuah film yang wajib tonton para aktor adalah karena salah satu legenda keaktoran dunia, Daniel Day-Lewis, yang merupakan satu-satunya peraih Best Actor untuk Oscar sebanyak tiga kali akan bermain di film ini. Dari kabar yang beredar, ini adalah film terakhir dari Daniel Day-Lewis. Can you imagine?! Meskipun kita masih akan bisa melihat film-filmnya yang lain (thanks to digital technology), tapi setelah film ini kita tak akan melihat Day Lewis yang piawai beracting lagi.

Sumber: google.co.id

Film ini adalah kolaborasi kedua dari Paul Thomas dan Day Lewis. Film ini mendapatkan banyak sambutan positif dari banyak kritikus. Bahkan film ini telah meraih beberapa penghargaan dari mulai Seattle Film Festival sebagai aktor terbaik dan beberapa penghargaan yang lainnya.  Ada hal yang sangat disayangkan dari film ini. Dari situs IMDb mengatakan bahwa film ini tidak akan dirilis di Indonesia. Jadi… semoga itu hanya sementara dan akan tetap dirilis di Indonesia.

Darkest Hour (Gary Oldman).

Gary Oldman adalah salah satu aktor luar biasa dan berhasil memainkan tokoh Winston Churcill dengan sangat apik di Darkest Hour. Film wajib tonton satu ini bercerita tentang Winston Churcill dan sejarah Perang Britania Raya. Film ini kabarnya akan rilis tanggal 12 Januari 2018 besok. Film ini disutradarai oleh Joe Wright dan dibintangi oleh Gary Oldman, Ben Mendelsohn, Kristin Scott Thomas, dan banyak pemain yang lainnya.

Sumber: google.co.id

Kenapa ini jadi film wajib tonton para aktor? Sudah lihat Golden Globe 2018 yang diselenggarakan tanggal 8 Januari 2018? Kalau sudah maka kamu tak perlu bertanya kenapa film ini wajib tonton. Gary Oldman adalah peraih aktor drama terbaik Golden Globe dan digadang-gadang banyak kritikus bisa meraih Oscar yang akan diselenggarakan Maret besok.

Dan lagi, kalau kamu melihat trailer Darkest Hour, maka kamu akan terkagum-kagum dengan permainan Gary Oldman yang benar-benar mirip dengan Winston Churcill dari ujung kepala sampai ujung kaki. Film ini recomended banget!

Mother! (Jennifer Lawrence).

Film selanjutnya adalah sebuah film berjudul Mother! yang bergenre horor psikologis. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Darren Aronofsky dan dibintangi oleh Jennifer Lawrence.  Film ini punya cerita yang cukup kompleks dan bisa dibilang membingungkan. Kamu akan dibuat menebak jalannya cerita tapi sekaligus akan dibuat “kecewa” dengan akhir cerita.

Sumber: google.co.id

Soal alasan kenapa ini jadi film wajib tonton untuk para aktor adalah jelas karena permainan Jennifer Lawrence yang luar biasa. Dari menit pertama film ini Jennifer Lawrence mampu bermain dengan sangat stabil dan intens. Tak hanya itu, Javier Bardem yang menjadi tandem juga mampu bermain luar biasa. Sehingga ansambel dua pemain ini benar-benar wajib tonton!

Selain itu Jennifer Lawrence juga mendapatkan penghargaan aktris terbaik di Mexican Film Festival. Jadi, tak ada alasan untuk melewatkan film ini. Tapi sedikit pesan untuk yang mau nonton film ini, jangan berekspektasi apapun. Sakit kalau kalian sudah berekspektasi macem-macem dan nggak sesuai yang kalian pikirkan.

Call Me By Your Name (Timothee Calamet).

Film yang satu ini adalah sebuah film romantis yang disutradarai oleh Luca Guadagnino. Film ini rilis di Amerika pada tanggal 24 November 2017 kemarin dan mendapatkan banyak sekali review positif dari berbagai pihak.

Film ini bercerita tentang seorang anak lelaki berusia 17 tahun yang dimainkan oleh Timothee Calamet yang kemudian jatuh cinta dengan seorang lelaki yang dimainkan oleh Armie Hammer. Tak ingin bercerita panjang lebar soal jalur cerita ini, karena akan merusak keseruan menonton film ini.

Sumber: google.co.id

Hal yang paling jelas kenapa aktor harus menonton film ini adalah karena permainan Timothee Calamet mendapatkan banyak sekali pujian dari kritikus. Tak hanya itu, Timothee berhasil mendapatkan nominasi di Golden Globe dan bersaing dengan banyak nama besar seperti Tom Hanks, Daniel Day-Lewis, dan Gary Oldman.

Anak muda ini bisa kamu jadikan referensi memainkan tokoh dengan apik dan tulus.

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (Frances McDormand).

Film yang satu ini benar-benar film wajib tonton yang luar biasa. Film ini merupakan film yang bergenre drama kriminal dengan sedikit bumbu komedi. Film ini disutradarai Martin McDonagh. Film ini dibintangi oleh Frances McDormand, Woody Harrelson, Sam Rockwell, Peter Dinklage, dan John Hawkes.

Film ini bercerita tentang seorang ibu yang kehilangan anak perempuannya karena dibakar dan kemudian diperkosa. Ia kemudian menyewa 3 buah billboard dan menuliskan tuntutan untuk kepolisian yang tak pernah menyelesaikan kasus kematian anaknya yang tragis.

Sumber: google.co.id

Frances McDormand berhasil memainkan tokoh ibu dengan sangat baik! Kalau kamu ingin tahu bagaimana seorang ibu yang kehilangan anaknya dan berjuang mendapatkan pembunuh anaknya meskipun satu kota membencinya, maka Frances McDormand adalah contoh yang tepat.

Tak hanya soal permainannya yang menurut saya pribadi luar biasa. Golden Globe juga mengakui hal tersebut. Pada penganugerahan Golden Globe 2018, Frances McDormand berhasil meraih gelar aktris film drama terbaik dan mengalahkan banyak aktris besar seperti Meryll Streeps, Jessica Chastain, Sally Hawkins, dan juga Michelle Williams.

Lady Bird (Soirse Rona).

Last but not Least adalah film berjudul Lady Bird. Film indie drama komedi ini disutradarai oleh Greta Gerwig dan dibintai oleh Soirse Ronan. Film ini tayang perdana di Festival Film Telluride 1 September lalu dan rilis secara luas tanggal 24 November 2017 yang lalu.

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang anak muda bernama Christine “Lady Bird” McPherson yang diperankan oleh Soirse Ronan. Ronan berhasil memainkan tokoh Lady Bird dengan sangat baik. Terbukti dengan banyaknya pujian yang didapatkan oleh film ini.

Sumber: google.co.id

Tak hanya itu, yang menjadi alasan terbesar kenapa film ini wajib masuk ke daftar film yang wajib ditonton para aktor diawal tahun 2018 ini adalah karena banyaknya penghargaan yang didapatkan film ini terutama untuk sutradara dan aktrisnya. Ronan berhasil mendapatkan penghargaan aktris terbaik dari New York Critics Circle, Chicago Film Critics Association, dan tentunya Golden Globe!

Tak hanya itu, banyak kritikus yang mengatakan bahwa Ronan sangat mungkin bisa meraih Oscar tahun ini. Jadi tentunya film ini menjadi film wajib tonton untuk para aktor dan aktris yang ingin membuka wawasan keaktoran mereka.

Tadi adalah 6 film yang wajib ditonton para aktor dan aktris di awal tahun 2018. Dengan menonton banyak film seorang aktor pastinya akan belajar menganalisis dan nantinya diharapkan bisa bermain sebagai tokoh dengan sesempurna mungkin. Sederhananya begini, kalau kamu pemain bola tapi kamu nggak pernah nonton orang main bola, gimana caranya kamu bisa main bola? Jadi kalau ada yang bilang bahwa aktor itu nggak perlu nonton, entah film atau pertunjukan, maka patut dipertanyakan lagi, apakah benar-benar aktor atau hanya terlalu angkuh untuk mengakui kemahiran atau bahkan kekurangan orang lain dalam berakting. Aktor itu selalu belajar, dan yang terpenting mesti punya wacana dan wawasan yang luas atas apapun.

Selamat menonton!

%d bloggers like this: