fbpx

Mencari Warna Vokal, Ini 2 Cara Utamanya!

Mencari Warna Vokal

Kami hampir selalu mengatakan dalam Acting Review yang kami tulis kalau suara adalah satu aspek yang paling mudah terlihat tapi paling sulit diciptakan. Kenapa bisa begitu? Ada dua persoalan. Pertama, perangkat suara si aktor yang memang tidak mumpuni dan ketidak tahuan si aktor mencari warna vokal. Untuk masalah yang pertama, tentu diatasi dengan olah vokal yang intens. Untuk masalah kedua, menurut kami ini yang bisa kamu lakukan;

 

Menganalisis Suara.

Mau nggak mau kemampuan analisa nggak cuma dibutuhkan untuk karakter secara keseluruhan atau naskah secara keseluruhan. Tapi spesifik juga pada suara, tubuh dan aspek lain. Setau kami tidak banyak metode keaktoran yang membahas soal analisa suara. Mungkin kedokteran lebih sering membahas itu. 

Lalu, kami berpikir; bagaimana kalau suara itu tersusun atas 3 hal?

  1. Bentuk fisik, mulai dari bentuk mulut, susunan gigi, bentuk rahang, gerak lidah, dan bagian tubuh yang berhubungan erat dengan suara.
  2. Ruang Resonansi Dominan. Menurut kami setiap orang punya ruang resonansi dominannya masing-masing.
  3. Nafas. Menurut kami cara nafas setiap orang berbeda. Entah kecepatan mengambil nafas, jeda, dan hal lain pasti berbeda. 

Pun jika salah satu aspek tersebut sama, misal bentuk mulut sama, maka ruang resonansi dan cara nafas pasti berbeda dan akan menghasilkan warna suara yang berbeda. Begitu juga dengan aspek lain. Jika ada yang sama, selama 2 variabel lain berbeda (dan menurut kami pasti berbeda) maka warna suaranya akan berbeda. Nah, mampu menganalisis suara membuatmu bisa mencari warna vokal. Tambahan, 3 hal yang menyusun suara itu dipengaruhi oleh 3 aspek karakter; fisiologis, sosiologis, dan psikologis. 

 

Mendengarkan. 

Cara mencari warna suara yang kedua adalah memiliki kemampuan mendengar yang baik. Untuk bisa menemukan 3 hal yang menyusun suara yang kami sebutkan sebelumnya, seorang aktor harus memiliki kepekaan dalam indera pendengaran. Terutama untuk menemukan ruang resonansi dominan. Jika bentuk fisik mungkin lebih pada kemampuan aktor melihat detail.  

Selanjutnya, latihan dan latihan adalah langkah untuk bisa menciptakan warna suara yang baru atau warna suara yang dibutuhkan karakter. 

.

.

#akuaktor #actips #caramencariwarnavokal

 

Terima kasih, viva aktor!