[Flash Review] Ford v Ferrari; Film Wajib Tonton Aktor

Ford v Ferrari

Ford v Ferrari adalah film yang sudah kami tunggu-tunggu sejak beberapa bulan yang lalu. Setidaknya ada 1 alasan kenapa kami menunggu film ini. Pertama dan yang utama adalah karena Christian Bale bermain di film ini. Satu alasan itu cukup bagi kami untuk rela menunggu beberapa bulan hingga akhirnya film ini rilis di seluruh bioskop Indonesia tepat 15 November kemarin. 

Setelah selesai menonton, kami memiliki beberapa catatan dan seperti biasa, kami persembahkan catatan singkat itu di Flash Review. Seperti biasa juga, Flash Review ini tanpa spoiler, jadi aman untuk kalian yang belum menonton. 

 

 

Ford v Ferrari, Film yang Hampir Biasa

Tak dipungkiri, kami sempat dibuat agak kecewa hingga setidaknya ¾ film. Kenapa? Karena kami merasa tidak ada yang spesial dari film ini. Jika kalian menonton baik-baik film ini, maka film Ford v Ferrari seperti layaknya banyak film biopic Hollywood. Mereka muncul dengan kualitas yang sama. Bukan hanya itu, cara mereka bertutur juga sama. Bahkan yang paling parah adalah tidak ada kejutan sama sekali di film ini. 

Kami bisa bilang sampai separuh film, kalian akan bosan dan bisa jadi akan keluar dari bioskop jika tidak karena permainan Christian Bale. Karena film ini sungguh membosankan. Semua dramatiknya tertebak. Tidak ada halang rintang yang pelik, plot yang mengasyikkan, atau pilihan gambar yang menarik. Bagi kami Ford v Ferrari ada di ambang “film biopic jelek” sekelas Hollywood. 

Tapi semua itu berubah ketika pada satu momen kalian diberikan sebuah kejutan yang sederhana, tapi kena tepat sasaran. Kami tak bisa menyebutkan apa kejutan itu. Satu hal yang pasti, untuk kalian yang tidak memahami sejarah Ken Miles dan pertarungan Ford v Ferrari di balap 24 jam Le Mans, kejutan itu akan sangat berarti dan merubah pandangan kalian atas film ini. Itu kenapa kami menyebut film yang disutradarai James Mangold ini hampir biasa saja. 

Kami tak bisa cerita banyak lagi soal film ini, terutama soal alur ceritanya karena takut akan spoiler. Semoga apa yang kami tulis di atas bisa membuat kalian sedikit tergoda menontonnya. Satu hal yang pasti, tonton saja dulu. 

 

 

Film Wajib Tonton Para Aktor

Selain soal kesan “hampir biasa” yang kami dapatkan dari film ini, kesan lain yang tak akan pernah kami lupakan dan membuat kami ingin menonton film ini berulang kali adalah permainan Christian Bale yang sungguh luar biasa. Setelah menonton film ini, kami dengan lantang berani berkata bahwa ini adalah film yang wajib ditonton oleh para aktor. 

Pada film ini, secara garis besar Christian Bale dengan sangat gemilang berhasil menciptakan manusia baru. Banyak hal yang berhasil ia ubah. Mulai dari bentuk netral si tokoh, fisiologis, psikologis, hingga sosiologis. 3 dimensi yang selalu disebutkan Stanislavski terpenuhi dengan tepat, menarik, dan dimainkan dengan sangat konsisten di film ini. 

Di film ini kalian akan melihat sebuah bentuk netral tokoh yang kokoh dan ketika diberikan emosi apapun, bentuk yang muncul adalah bentuk-bentuk yang otentik milik tokoh dan bukan milik Christian Bale. Meski Christian Bale memiliki satu ciri khas di mulut bagian atasnya yang tak pernah bisa ia ubah, di film ini bentuk mulut bagian atas itu justru menyaru dengan sangat indah pada tokoh Ken Miles yang ia mainkan. 

Soal pemain lain, kami tak mendapati capaian yang menarik. Bahkan Matt Damon yang didapuk menjadi co-star di film ini. Di awal malah kami berpikir kalau Matt Damon berhasil merubah suaranya. Tapi ternyata, semua bohong belaka. Karena setelahnya Matt Damon bermain biasa saja bahkan perubahan suara di awal yang muncul dan sangat menarik itu menghilang entah kemana. 

Dan tidak ada pemain lain yang bisa kalian perhatikan. Ketika menonton film ini pastikan kalian memperhatikan betul permainan Christian Bale dan belajarlah dari aktor yang doyan sekali menaik turunkan berat badannya. Sekedar informasi, sebelum film ini Bale bermain di Vice, dimana ia harus gemuk dan menaikkan berat badannya hingga belasan kilo. Lalu di film Ford v Ferrari ini ia harus menurunkan kembali belasan kilo. Capaian yang sangat menarik. 

Satu lagi, sebelum kami sudahi artikel ini. Bale adalah satu hal yang membuat film ini sangat berarti. Percayalah! 

Terima kasih, viva aktor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: