fbpx

Animal Exercises dari Stella Adler, Kuy #Taudikit!

Animal Exercises

Mungkin sebagian dari kalian seperti pernah mendengar bentuk latihan ini. Tapi kalau dipahami baik-baik, Animal Exercises dari Stella Adler bisa dibilang sedikit berbeda dengan Animal Movement yang mungkin selama ini kamu dengar atau pernah latihkan atau Animal Movement adalah satu bagian dari Animal Exercises. Jadi, apa itu Animal Exercises dan apa tujuan latihan ini?

Di buku The Art of Acting oleh Stella Adler halaman 77-78, Adler mulai memperkenalkan Anima Exercises. Secara garis besar, bentuk Animal exercises ini adalah kamu diminta pergi ke kebun binatang dan mempelajari binatang. Kamu harus mempelajari caranya bergerak dan bagaimana suara binatang tersebut. Kamu harus mengamati kehidupan binatang tersebut agar kamu bisa meniru beberapa gerakannya. 

Salah satu tujuan dari Animal Exercises adalah untuk membebaskan aktor dari “topeng sosialnya”. Menurut Adler, manusia terikat dengan konvensi sosial. Hal itu yang menjadi penghambat manusia untuk melakukan banyak hal. Ketika kamu menirukan binatang, membuat gerakan yang mirip dengan binatang tersebut dan meniru suaranya, kamu sedang mengurangi ketakutan untuk mempermalukan diri sendiri. Intinya, kamu diharapkan bisa mengalami kebebasan di atas panggung dan berani melakukan apapun. 

Tapi bukan hanya soal kebebasan saja yang diharapkan dari pelatihan ini. Ketika kamu menjadi hewan, kamu juga harus tahu hewan apakah kamu dan bagaimana hewan itu bereaksi dalam setiap kondisi. Hal ini membuat Animal Exercises juga mempelajari spontanitas dan spesifik. Perhatikan bagaimana hewan berlaku. Ketika dia takut, maka dia akan takut dengan caranya. Ketika si hewan lapar, maka ia akan melakukan sesuatu, entah mencari makan, atau apapun. Semua itu dilakukan secara maksimal oleh si hewan. Itu kenapa, menurut Adler, berbahaya berada di atas panggung bersama hewan karena mereka selalu melakukan banyak hal secara maksimal. 

Menurut Adler lagi, hewan memiliki perasaan yang kuat tentang identitasnya sendiri. Ketika kamu menjadi anak kucing, maka mungkin akan ada perasaan penasaran dan takut pada hewan yang lebih besar. Sementara jika kamu merpati, maka kamu akan mengurus urusanmu sendiri, mengamati, dan melarikan diri dari bahaya. Setiap hewan jelas atas posisinya dan identitasnya sendiri. 

Latihan ini bisa jadi sangat berguna untuk banyak hal. Masih menurut Adler, kamu bisa membuat program Animal Exercises sendiri. Misalnya setiap hari kamu menirukan suara hewan selama lima belas menit atau menirukan gerakan hewan tertentu selama beberapa menit. Itu akan membuat suara dan tubuhmu lebih luwes. Meniru hewan juga akan membuatmu belajar banyak tentang tubuhmu. Misal ketika kamu harus melompat-lompat seperti monyet, maka kamu harus memiliki kaki yang kuat atau semacamnya. 

Kita kasih #taudikit, sisanya kalian cari sendiri ya! Kalau mau mencoba latihannya, silahkan!

Terima kasih, viva aktor!

Source; The Art of Acting hal 77-78.

Coba tulis pendapatmu!!!