fbpx

Akting yang Terpercaya! Ini Kuncinya Kata Shchepkin! #Taudikit

Akting yang Terpercaya

Nggak pernah denger nama ini pasti? Tentu aja. Mikhail Shchepkin adalah aktor dari jaman dulu banget. Ia adalah seorang aktor Rusia yang lahir pada tahun 1788 dan meninggal pada tahun 1863. Sebagai seorang aktor, ia adalah seorang aktor yang sangat berpengaruh di masanya. Bahkan, ia mempengaruhi Stanislavski dalam pengembangan pemahaman Stanislavski soal keaktoran. Nah, ini yang mau kita bahas, bukan profil Mikhail Shchepkin, tapi soal salah satu prinsip Mikhail Shchepkin yang mempengaruhi Stanislavski. Soal akting yang terpercaya. Gimana tuh?

Disebutkan dalam buku Konstantin Stanislavski karya Bella Merlin di halaman 4 bahwa Shchepkin adalah salah satu orang yang berpengaruh besar pada prinsip keaktoran dan perkembangan pemahaman keaktoran Stanislavski. Salah satu prinsip Shchepkin yang sangat mempengaruhi The System adalah kunci akting yang terpercaya. Menurut Shchepkin kunci dari akting yang terpercaya adalah mengambil contoh dari dunia nyata. Nah nah, gimana tuh caranya?

Maksud dari “mengambil contoh dari dunia nyata” kurang lebih sama seperti observasi. Aktor di dalam setiap momen ia menciptakan karakter, apapun karakternya, seharusnya tidak boleh asal mengarang. Boleh mengarang, tapi karangan itu harus berdasar. Semua yang ia ciptakan dalam karakternya harus berdasar. Salah satu dasar yang paling kuat adalah mengambilnya langsung dari dunia nyata. 

Misalnya kamu berperan sebagai dokter, maka kamu tidak disarankan untuk mengarang bentuk dokter. Kamu harus turun langsung mendatangi dokter-dokter untuk mencari tahu dokter mana yang kira-kira paling dekat dengan karaktermu dan “mencontohnya”, entah seluruhnya, atau sebagian. 

Jika kamu mengambil contoh dari dunia nyata, maka tokohmu benar-benar memiliki dasar yang kuat. Sementara, jika kamu mengarang, maka ciptaanmu juga tidak berdasar. Pun jika berdasar, tidak sangat kuat atau tidak sekuat jika kamu mengambil dari dunia nyata. Kami rasa prinsip Shchepkin ini jugalah yang jadi embrio observasi yang disarankan Stanislavski dan beberapa tokoh keaktoran lain dalam metode mereka. 

Tuh, dengerin. Kita kasih #taudikit, sisanya cari sendiri ya!

Terima kasih, viva aktor!

Source: Konstantin Stanislavski by Bella Merlin hal. 4

Coba tulis pendapatmu!!!