fbpx

4 Tips Menghadapi Casting

tips menghadapi casting

Siapa yang selama ini nanya, gimana sih caranya lolos casting? Atau gimana cara menghadapi casting? Kita kasih sedikit tips di AcTips ya! Berikut ini beberapa tips menghadapi casting. 

Tenang. 

Apalagi? Kalau kamu nggak rileks, nggak tenang, segala yang pernah kamu pelajari pasti akan lupa. Jadi Tips Menghadapi Casting yang pertama adalah kamu harus tenang dulu. Kamu bisa mengendalikan dirimu dengan tarik nafas panjang, dan hembuskan. Intinya, rileks aja dulu. 

Minta Naskah Full.

Meskipun jarang terjadi, jika kalian diundang casting dengan jarak waktu yang cukup panjang, misal sehari atau lebih, cobalah untuk meminta naskah utuh. Tujuannya untuk tahu seperti apa ruang karakter kalian. Membaca naskah utuh akan sangat membantu sedikit memahami tokoh dari pada cuma baca potongan. Tapi, hal tersebut bisa dibilang sangat jarang terjadi. Lebih sering kamu akan dapet naskah potongan, atau, pun dapat waktu panjang, kamu tetap hanya dikasih naskah potongan. Mau minta nggak boleh. Terus harus gimana? Nah, ke Tips Menghadapi Casting berikutnya!

Tanya!

Tanya ke casting director kebutuhannya apa. Casting Director biasanya sedikit banyak udah tau soal karakternya. Meskipun nggak mendalam ya. Tapi itu bisa kita jadikan modal. Jadi, cobalah untuk tanya, karakternya kayak gimana. Mereka akan jelasin dikit. Kalian boleh tanya lagi, tapi jangan kebanyakan nanya. Kasian Casdirnya, capek. Nanti kalian kena semprot lagi. 

Dengan informasi tentang karakter yang kalian dapetin dari Casdir, cobalah untuk tanya sekali lagi soal apa yang dibutuhkan di casting ini. Maunya casdir kayak gimana. Kalau mereka cuma bilang “Natural aja”, ya udah, main aja sebiasa mungkin, bahkan nggak perlu nyiptain karakternya. Se-natural mungkin aja. Nanti, kalau udah keterima, baru mulai ciptain karakternya. 

Ikhlas.

Kita itu, siapapun yang ikut casting, nggak pernah tahu apa keinginan sutradara yang sebenarnya. Kadang kita udah melakukan sesuai apa yang mereka mau dan harapkan, tapi tetep nggak lolos. Kadang sutradaranya juga udah ngejelasin, dan kita ngelakuin sesuai apa yang mereka jelasin, tapi tetep nggak lolos. 

Gak papa. Tips Menghadapi Casting berikutnya ya Ikhlas aja. Setelah beres satu casting, langsung move on ke casting yang lain. Inget, kalau kalian bener-bener serius di keaktoran, tokoh yang akan menemukanmu, bukan kamu. Jadi tetaplah berdedikasi dan serius di keaktoran.

 

Terima kasih, Viva Aktor!

Coba tulis pendapatmu!!!