Film Dokumenter Keaktoran yang Wajib Ditonton Para Aktor!

Film Dokumenter Keaktoran

Ada yang bertanya pada kami di kolom komentar, meminta rekomendasi film untuk belajar keaktoran. Sebenarnya ada banyak film yang bisa dijadikan pelajaran untuk para aktor. Tapi, biar “tidak menikmati permainan para aktor saja”, tapi juga paham proses pencarian tokoh mereka dan prinsip keaktoran mereka, kami berikan 7 film dokumenter keaktoran yang wajib ditonton oleh para aktor! 

 

Listen to Me Marlon (2015)

Film dokumenter keaktoran yang wajib ditonton oleh para aktor adalah Listen to Me Marlon. Film ini rilis tahun 2015 dan bercerita tentang perjalanan keaktoran dan kehidupan Marlon Brando. Disini kalian akan mengenal nama-nama hebat dalam keaktoran dunia. Seperti misalnya Stella Adler, yang menjadi guru Marlon Brando. Film ini wajib tonton banget sih. Ada banyak pelajaran yang bisa kalian ambil dari prinsip Marlon Brando. 

 

I Am Heath Ledger (2017)

Siapa yang nggak kenal sama Heath Ledger? Semua orang kalau ditanya, siapa aktor paling gila dan terbaik menurut mereka, mungkin kebanyakan akan bilang Heath Ledger. Heath Ledger memang legenda, terutama ketika ia menjadi Joker. Nah, I Am Heath Ledger adalah film yang bercerita tentang kehidupan Heath Ledger dan perjalanan kesenimanannya. Dari menonton film ini, kalian akan tahu, bahwa Heath Ledger memang sudah agak “sakit” bahkan jauh sebelum mendapatkan tokoh Joker. 

 

Looking For Richard (1996)

Kalau film yang satu ini adalah film dokumenter keaktoran yang disutradarai oleh Al Pacino. Ini adalah debut penyutradaraan Pacino. Film ini menceritakan soal prosesnya menjadi tokoh Richard III di naskah Richard III karya William Shakespeare. Selain soal proses pencarian tokohnya, Al Pacino juga membahas soal “Apakah Shakespeare masih relevan dengan era modern?”  Kalau pengen tahu proses Al Pacino bikin tokoh, film ini bisa sedikit menjawab. 

 

Casting By (2012)

Kalau film dokumenter ini sebenarnya bukan soal proses keaktoran atau pencarian tokoh. Tapi soal proses casting seorang casting director bernama Marion Dougherty. Film ini disutradarai oleh Tom Donahue dan terdiri dari 230 interview tentang si Marion Dougherty itu. Film ini lebih membahas soal profesi casting director. Jadi kalau kalian menonton ini, kalian bisa tahu bagaimana sebenarnya proses casting di Hollywood sana. Mungkin para casting director di Indonesia harus nonton film ini kali ya!

 

Elaine Stritch: Shoot Me (2013) 

Film dokumenter keaktoran yang satu ini bercerita tentang seorang aktris bernama Elaine Stritch. Film ini bercerita tentang kehidupan dan karir Elaine Stritch. Kita bisa banyak belajar dari film ini tentang kehidupan seorang aktris. Kalau tadi kan sudah disebutkan beberapa aktor, seperti Marlon Brando dan Heath Ledger. Nah, sekarang ada Elaine Stritch dari sisi aktrisnya. 

 

Every Little Step (2008)

Every Little Step adalah sebuah film dokumenter keaktoran yang rilis tahun 2008 dan disutradarai oleh James D. Stern dan Adam Del Deo. Film ini bercerita tentang proses casting dari sebuah pertunjukan Broadway berjudul A Chorus Line. Disini kalian bisa tahu bagaimana seseorang bisa pentas di Broadway dan apa saja yang dibutuhkan untuk lolos casting disana. Pesan kami, setelah menonton film ini, jangan minder. Jadikan motivasi aja ya! 

Kami nggak menyediakan linknya ya! Kami hanya menginformasikan judulnya saja. Kalian cari sendiri link pembeliannya. Syukur-syukur ada teman yang punya, kalian bisa meminjamnya. Satu hal yang pasti, ini hanya 7 dari sekian banyak film dokumenter keaktoran yang wajib ditonton oleh para aktor. Kalau aktor Indonesia, kami belum terlalu tahu. Mungkin jika ada yang punya informasinya bisa dituliskan di kolom komentar ya! Atau DM ke IG aja!

Semoga bermanfaat, viva aktor