#dirumahaja, Latihan Akting Apa yang Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah?

#dirumahaja

Sekarang ini virus Corona bisa dibilang sudah menghantui dan membuat panik banyak orang di dunia. Indonesia tentu jadi salah satunya terutama ketika makin hari jumlah pasien positif Corona makin bertambah. Dilansir dari CNN, jumlah pasien positif Corona kini menjadi 117 orang. Hal ini tentu bukan berita baik. Hingga akhirnya gerakan #dirumahaja mulai dilantangkan. 

#dirumahaja adalah gerakan yang berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Menurut beberapa pakar, ketika kita melakukan social distance, maka memperkecil kemungkinan virus ini berkembang dan menulari orang. Ketika yang sakit kemudian sembuh, maka mereka akan menjadi imun terhadap virus tersebut. Jika kita menganggap diri kita terkena virus itu lalu berusaha mengkarantina diri kita sendiri, maka kita secara tak langsung memutus jalan penyebaran virus ini. Presiden Jokowi pun sudah memerintahkan untuk bekerja di rumah, sekolah di rumah, ibadah di rumah dan banyak kegiatan lain dilakukan di rumah saja. 

Lalu bagaimana dengan yang berproses kesenian? Latihan-latihan akting itu misalnya? Kita kan biasanya kumpul berbanyak orang, lalu latihan bersama. Apa yang harus kita lakukan? Tentunya jika kita mau ambil aman maka baiknya tidak melakukan kegiatan berkelompok macam latihan itu terlebih dahulu untuk mengurangi resiko. Kita bisa menggantinya dengan latihan sendiri #dirumahaja. 

Tapi kan rumahku kecil?! Tenang, tetap ada bentuk-bentuk latihan yang bisa kalian lakukan di ruangan-ruangan yang sempit. Tapi kan butuh temen untuk melakukan beberapa gerakan? Tenang juga! Ada kok latihan yang bisa dilakukan sendiri tanpa partner. Lalu, apa saja bentuk latihan itu? Berikut daftarnya; 

#dirumahaja

 

Olah Napas dan Suara #dirumahaja

Bentuk latihan #dirumahaja yang pertama adalah olah napas. Latihan ini jelas tidak membutuhkan tempat yang luas, bahkan tidak membutuhkan partner. Kalian bisa latihan sendiri di mana pun di sudut rumah kalian. Bahkan kalian bisa melatihnya di atas kasur. Kalian bisa melakukan olah napas dengan cara tarik, tahan, buang dan dihitung pada tiap tahapnya. Seperti yang sudah pernah kami tulis di artikel bentuk latihan suara, olah napas membantu kita untuk memiliki pengaturan napas yang baik dan memiliki kekuatan napas yang mumpuni.

Mungkin ketika latihan olah suara kalian pikir harus berteriak kan? Dan bisa mengganggu orang rumah? Tenang saja. Latihan olah suara juga bisa dilakukan dengan cara berbisik, menggumam, dan lain sebagainya. Tak perlu berteriakkan? 

 

 

Membaca Buku

Latihan berikutnya yang bisa dilakukan #dirumahaja adalah membaca buku. Konteks pertama adalah benar-benar membaca buku. Kalian bisa membaca buku apapun. Entah itu buku keaktoran, novel, buku pelajaran, atau apapun. Ingat, aktor yang baik adalah aktor yang memiliki intelektualitas yang terlatih. Tak harus pintar, tapi terlatih. Jadi mumpung di rumah, kalian bisa mulai membaca buku lagi. Menambah wawasan juga bagian dari latihan lho! Jangan salah. 

Konteks lain dalam membaca buku adalah melatih artikulasi. Kalian bisa mengkombinasikannya dengan membaca cepat, lambat, dan berbisik. Kalau pada konteks ini fokusnya tidak menambah wawasan, tapi menggunakan bacaan buku sebagai alat untuk melatih organ ucap dan suaramu. 

Kalau buku nggak punya, kalian baca Akuaktor aja. Beres kan? Tetep dapet ilmu kan?

 

Olah Tubuh 

Kata siapa olah tubuh nggak bisa kita lakukan di rumah? Salah besar. Kita tetap bisa melatih tubuh di rumah. Tentunya tidak dengan lari atau gerakan-gerakan besar yang biasa kita lakukan kalau latihan bersama di tempat latihan. Kita bisa latihan bentuk-bentuk yang cenderung diam seperti misalnya sit up, push up, peregangan otot-otot dari kepala sampai kaki, dan bentuk latihan diam lainnya. 

#dirumahaja

 

 

Kalian juga bisa melakukan bentuk-bentuk latihan Yoga. Yoga sangat bermanfaat untuk tubuh dan bisa menjadi salah satu nomor latihan tubuh yang bisa kalian coba di rumah dengan ruang yang tak terlalu luas. Ada banyak jenis Yoga yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa melakukan jenis Yoga Surya Namaskar misalnya, atau jenis Yoga lain yang kalian ketahui. 

Ingat, tujuannya adalah melatih tubuh. Jadi intinya cari gerakan yang tak membutuhkan ruang banyak tapi tetap melatih tubuh. 

 

Menonton Film

Latihan berikutnya yang bisa kalian lakukan #dirumahaja adalah menonton film. Jangan dikira menonton film itu cuma buat refreshing saja. Kalian bisa membuat sesi menonton film menjadi bagian dari latihan. Cara? Ingat, ketika kalian menonton film kalian akan mendapatkan wawasan baru tentang permainan, capaian permainan, dan lain sebagainya. Sifatnya sama seperti menonton pertunjukan. Ketika kalian sudah mempersiapkan diri untuk latihan, maka ketika menonton film kalian akan mendapati pelajaran menarik lainnya. 

 

 

Nggak percaya? CEO Akuaktor adalah pecandu nonton film. Ia biasanya menonton film sampai 4 atau 5 film dalam sehari kalau lagi nganggur. Hasilnya? Wawasan filmnya luas. Ia memiliki banyak stok permainan, dan ketika mulai menulis Acting Review, wawasannya makin bertambah karena kesadaran yang dipakai ketika menonton adalah kesadaran aktor. Nah, kalian bisa menggunakan sesi menonton film sebagai bentuk latihan yang tidak membosankan. 

 

Hadiri Kelas Online #dirumahaja

Cara lain selain yang kami sebutkan di atas adalah menghadiri kelas Online. Kalau yang satu ini biasanya berbayar. Sejauh yang kami tahu hanya ada Kelas.com kalau tak salah yang memiliki kelas online macam ini. Tapi mereka tak spesifik pada keaktoran. Kalau ingin keaktoran ya kalian bisa menggunakan Masterclass yang berbayar itu. Atau kalau tak mau berbayar ya kalian bisa menonton Bincang Aktor. Gratis, ilmunya banyak, dan bisa ditonton di rumah lagi kan? Kurang apa coba?

Itu tadi beberapa latihan akting yang bisa kalian lakukan di rumah. Karena sekarang kondisi di luar sedang tidak cukup baik, marilah kita membantu pemerintah dan semua teman lain yang terjangkit Corona dengan melakukan kegiatan #dirumahaja. Kita putus mata rantai penyebaran Corona ini agar semua orang sehat. 

Terima kasih, viva aktor! 

%d bloggers like this: