7 Permainan Terbaik Christian Bale!

Siapa yang tak mengenal Christian Bale. Mungkin banyak dari kamu yang mengenal Bale dari trilogi film Batman. Tapi ia juga bermain di banyak film dengan capaian yang mengagumkan. Pada permainannya di setiap film, Bale selalu memberikan capaian yang menarik dan sempurna. Salah satu yang paling mencuri perhatian tentunya cara Bale mengubah berat badannya dalam waktu yang singkat. Seperti misalnya ketika bermain di The Machinist, lalu Batman, dan kemudian di beberapa film yang lain. Tapi sepanjang karirnya sejak tahun 1982 hingga sekarang, film apa saja yang menjadi permainan terbaik Christian Bale? Dalam artikel kali ini, akuaktor telah menyaring 7 permainan terbaik Christian Bale dimulai dari awal karirnya dalam dunia keaktoran di Hollywood. Apa saja permainan terbaik Christian Bale, berikut daftarnya;

1.     Jim Graham – Empire of The Sun (1987)

Film pertama yang masuk ke dalam daftar 7 permainan terbaik Christian Bale adalah Empire of The Sun. Dalam film ini Bale masih berusia 13 tahun. Ia berperan sebagai Jim Graham, seorang anak muda yang awalnya tinggal bersama keluarga Inggris yang kaya raya kemudian menjadi tawanan perang di sebuah kamp Jepang selama perang dunia kedua. Film yang disutradarai Steven Spielberg berhasil menjadi salah satu Permainan terbaik Christian Bale. Di dalam film ini, dengan usia yang masih sangat muda, ia berhasil bermain tulus dan sangat menyatu dengan tokohnya. Ini tentunya terlepas dari apakah ia berhasil menciptakan manusia baru atau tidak, karena pada usia 13 tahun mungkin belum ada pemahaman semacam itu di diri Christian Bale muda. Meski begitu, dalam sudut pandang acting yang lain, Christian Bale berhasil bermain dengan jujur. Untuk ukuran anak usia 13 tahun, permainannya merupakan salah satu yang terbaik sepanjang masa.

2.     Jim Davis – Harsh Times (2005)

Permainan Terbaik Bale yang kedua adalah ketika ia menjadi Jim Davis, seorang mantan tentara Amerika yang menderika Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD di Harsh Times. Dalam film yang rilis tahun 2005 ini, berhasil menciptakan tokoh Jim Davis dengan sangat baik. Pertama yang bisa dilihat adalah penciptaan Bale pada aksen dialog tokoh tersebut. Ia bisa menjadi seperti kebanyakan tentara Amerika yang punya sedikit aksen latin dalam tiap dialognya. Tak hanya itu, dengan tokoh yang memiliki kompleksitas tinggi, Bale juga berhasil menunjukkan kompleksita pikiran dan emosi tokohnya dengan baik. Di salah satu adegan yang videonya bisa kamu lihat di atas, kita bisa menangkap hal-hal tersebut. Dari mulai aksen bicara, caranya memulai kemarahan, caranya menyusun emosi, semua dilakukan dengan mulus dan lancar. Meskipun dalam film ini Bale tak mendapat banyak penghargaan, tapi permainannya di film Harsh Times tetap patut di acungi jempol.

3.     Bruce Wayne – The Batman Trilogy (2005, 2008, 2013)

Siapa yang tidak mengenal Bale ketika ia bermain dalam film trilogi Batman ini? Bahkan mungkin sampai sekarang, Batman yang paling diingat adalah Christian Bale. Hal itu bukan tanpa alasan. Dalam film ini Bale berhasil menciptakan tokoh Batman bukan hanya dari sisi superhero, tapi juga dari sisi manusia biasa. Bale tahu bahwa Bruce Wayne adalah tokoh yang punya kompleksitas emosi yang dalam. Terutama dengan masa lalunya ketika Bruce Wayne kecil melihat kematian kedua orang tuanya. Bale nampaknya menggaris bawahi peristiwa itu pada tokohnya. Sehingga ia berhasil menunjukkan sisi manusia dari Batman ketika sedang menjadi Bruce Wayne. Sementara ketika ia menjadi Batman, ada banyak perubahan yang terjadi. Pertama adalah ciptaan suara Batman. Dalam suara itu bukan asal serak saja, tapi seolah-olah memberikan latar belakang lain kenapa suara itu tercipta. Sekali lagi, dalam film ini kita berhasil melihat Bruce Wayne yang hanya manusia biasa dengan kekayaannya yang berlimpah, dan Batman, si superhero yang seolah tak punya banyak persoalan hidup.

4.     Patrick Bateman – American Psycho (2000)

Kalian mungkin hampir tidak pernah mendengar Bale bermain di film ini. Atau mungkin kalian juga tidak pernah mendengar film ini? Padahal dalam film ini, Bale mendapatkan banyak pujian. Di film yang rilis pada tahun 2000 ini Bale berperan sebagai Patrick Bateman, seorang psikopat yang juga pekerja kantoran di kota New York. Bale berhasil memperlihatkan kegilaan dari tokoh ini. Terutama setiap adegan pembunuhan yang dilakukannya. Salah satunya pada adegan yang bisa kamu lihat di atas. Dalam adegan itu, kita bisa menikmati kegilaan dari Patrick Bateman sebelum membunuh lawan mainnya. Ia seperti tak pernah punya rasa bersalah ketika mengambil nyawa setiap orang yang ditemuinya. Alasan lain kenapa film ini masuk pada jajaran permainan terbaik Bale adalah karena ketika Bale menerima tawaran bermain dalam film ini, ia sudah diwanti-wanti oleh banyak pihak. Menurut banyak orang, Bale akan mematikan sendiri karirnya jika bermain di film ini. Nyatanya Bale malah membalikkan semua anggapan itu dan membuat American Psycho sebagai salah stu film psikopat terbaik tahun itu.

5.     Dieter Dangler – Rescue Dawn (2006)

Rescue Dawn adalah sebuah film drama perang yang rilis pada tahun 2006. Dalam film yang kejadiannya berdasarkan kisah nyata ini Bale bermain sebagai Dieter Dengler. Seorang pilot keturunan Jerman Amerika yang tertembak jatuh ke areal perang di Vietnam lalu ditawan oleh simpatisan perang Vietnam. Dalam film ini Bale bermain luar biasa bagus! Bisa dibilang film ini adalah salah satu film dimana Bale bermain sangat total. Kenapa bisa begitu? Jika kamu melihat video di atas, kamu akan disuguhi adegan Bale memakan ulat yang menjijikkan itu. Percaya atau tidak, Bale sungguh memakan ulat tersebut dan itu adalah ulat sungguhan, bukan kaleng-kaleng! Selain itu permainan emosi, akting-akting kecil dan besar dalam film ini juga berhasil dimainkan Bale dengan sangat apik. Dengan akting sebagus itu, maka pantas rasanya film ini masuk daftar salah satu film terbaik Christian Bale.

6.     Dicky Eklund – The Fighter (2010)

Film biografi yang bercerita tentang kehidupan seorang petinju ini adalah film yang akhirnya berhasil mengantarkan Bale meraih Oscar pertamanya sebagai Best Supporting Actor. Dalam film ini Bale berperan sebagai Dicky Eklund, seorang mantan petinju yang terjerembab masuk ke dunia narkoba, menjadi pecandu, dan keluar masuk penjara karena berbagai macam persoalan. Ia memiliki seorang adik bernama Micky Ward yang diperankan oleh Mark Wahlberg. Dalam film ini capain keaktoran Bale sangat lengkap! Mulai dari capaian fisiknya, dimana ia harus menurunkan beberapa kilo berat badannya agar terlihat seperti seorang pecandu, lalu bahasa tubuh yang agak slengekan, aksen yang kuat, dan permainan emosi yang matang. Dalam film ini Dicky Eklund dimainkan dengan sempurna oleh Bale. Maka tak heran dalam film ini ia berhasil mendapatkan Oscar pertamanya. What an acting!

7.     Trevor Reznik – The Machinist (2004)

Film terakhir yang menjadi permainan terbaik Christian Bale adalah ketika ia menjadi Trevor Reznik di film The Machinist. Dalam film ini kurang lebih capaiannya sama dengan The Fighter. Hanya mungkin dalam film ini capaian fisik yang berhasil digapai Bale jauh lebih gila dari pada The Fighter. Dalam film ini ia bermain sebagai Trevor Reznik yang merupakan seorang lelaki dengan masalah insomnia akut. Emosi tokoh yang kompleks, pikiran tokoh yang rumit dan fisik tokoh yang sangat kurus berhasil dicapai Bale. Ia menurunkan lebih dari 20 kilogram berat badannya untuk bisa sampai di tubuh sekurus itu. Bahkan menurut salah satu wawancaranya, Bale mengatakan bahwa kakinya sampai seperti tak kuat menopang tubuhnya sendiri. Hal yang lebih gila lagi adalah Bale masih ingin menurunkan berat badannya tapi dihalangi oleh Produser karena takut akan mengancam nyawa Bale. Meskipun dalam film ini ia tak berhasil meraih Oscar, tapi The Machinist tetap menjadi permainan terbaik Bale sepanjang karirnya.

itu tadi 7 permainan terbaik Christian Bale. Selain 7 film tersebut, sebenarnya ada beberapa film lain yang bisa dimasukkan dalam daftar ini, seperti misalnya American Hustle, Vice, dan beberapa film yang lain. Tapi nampaknya 7 film di atas adalah salah satu yang terbaik sepanjang karir Bale.

Kalau menurutmu, di film apa permainan terbaik Bale? Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya! Viva Aktor!

AkuAktor :